POPULAR STORIES

Duo Pembalap Red Bull Naik Podium MotoGP Indonesia

Duo Pembalap Red Bull Naik Podium MotoGP Indonesia Podium MotoGP Indonesia 2022 (Foto: istimewa)

KabarOto.com - Seri kedua MotoGP yang digelar di Sirkuit Mandalika sudah resmi berakhir pada hari Minggu (20/3). Di mana, dua pembalap Red Bull, yakni Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16) dan Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP22) berhasil naik podium bersama.

Kondisi hujan membuat balapan harus mundur satu jam dari jadwal. Para pembalap menggunakan ban basah, dan jumlah lap dikurangi dari 27 menjadi 20 saja.

Miguel Oliveira yang memulai balapan dari urutan ketujuh tampil sangat fantastis karena sudah memimpin balapan sejak lap kelima. Selama jalannya balapan, Pembalap asal Portugal itu naik tidak bisa lagi terkejar oleh pembalap dibelakangnya, dan berhasil meraih podium pertama MotoGP Mandalika 2022. Sebagai informasi ini adalah kemenangan keempat Miguel Oliveira sepanjang kariernya di kelas MotoGP.

Baca juga: Di Tengah Hujan Lebat Presiden Joko Widodo Tiba Di Sirkuit Mandalika, Disambut CEO Dorna

Dalam sesi wawancara, Miguel Oliviera menyampaikan bahwa ini adalah hasil balapan yang menakjubkan bagi saya dan tim. Selama balapan, saya berusaha untuk mengikuti Jack Miller.

"Saya memilih untuk 'ngekor' Jack Miller, karena para pembalap biasanya pakai cara ini ketika wet race. Begitu ada peluang, saya berhasil mengambil posisi terdepan dan menjaga jarak," jelasnya.

Menariknya, perebutan posisi kedua dan ketiga lebih seru untuk disaksikan. Di mana, persaingan sangat ketat yang memaksa beberapa pembalap silih berganti menempati posisi tersebut.

Perebutan posisi ketiga berubah di tikungan 12 pada lap ke-10 setelah Johann Zarco sukses menyalip Alex Rins. Sedangkan, pada lap ke-12, Miguel Oliveira semakin menjauh dan berhasil unggul 4,040 detik atas Jack Miller.

Baca juga: Resmi! Sirkuit Mandalika Mendapatkan Homologasi Grade A

Tiga pembalap terdepan pada lap ke-12 adalah Miguel Oliveira, Jack Miller, dan Johann Zarco. Tepat pada lap ke-15, Quartararo sukses menyalip Johann Zarco di tikungan 1 untuk menempati peringkat ketiga. Dua lap berselang, Quartararo berhasil menempati urutan kedua setelah menyalp Jack Miller.

Menjelang akhir balapan, Johann Zarco berhasil melewati Jack Miller. Dan, bertahan di posisi ketiga hingga akhir balapan.

Menlansir MotoGP.com, Johann Zarco menyampaikan bahwa tentu saya harus berbahagia atas hasil ini. Podium di MotoGP selalu menyenangkan, namun jelas saya butuh waktu untuk memahami grip, serta performa Jack dan Miguel. Keduanya bisa langsung melaju cepat.

"Sekalinya saya bisa memahaminya, saya bisa mampu mencatat waktu yang baik. Namun, terlalu sulit untuk menyalip, karena saya tak terlalu baik saat keluar tikungan," ungkapnya.