POPULAR STORIES

Resmi! Sirkuit Mandalika Mendapatkan Homologasi Grade A

Resmi! Sirkuit Mandalika Mendapatkan Homologasi Grade A Sirkuit Mandalika, Sumber Foto : Istimewa

KabarOto.com – Pertamina Mandalika International Street Circuit akhirnya resmi mendapatkan homologasi grade A dari Federasi Balap Internasional (FIM).

Dengan pemberian homologasi tersebut, artinya Sirkuit yang berlokasi di Lombok Tengah ini layak untuk menggelar ajang balap tingkat dunia sekelas MotoGP. Pemberian homologasi tersebut dipastikan oleh Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria. Homologasi level tertinggi itu didapatkan usai berbagai pihak bertemu pada Jumat (18/3) lalu.

Baca Juga : MotoGP Indonesia 2022 : Sirkuit Mandalika Memiliki Minim Titik Pengereman

“Sebagian pebalap MotoGP hadir dalam rapat yang antara lain dihadiri Coc (Clerk of Course), perwakilan IMI (Ikatan Motor Indonesia), Mike Webbs selaku Race Director, Carlis Ezpelata selaku Managing Director Dorna Sports, dan Loris Capirossi (Safety Advisor Dorna), untuk mendiskusikan mengenai masukan para pebalap mengenai kondisi lintasan,” ungkap Priandhi.

Priandhi menambahkan, usai melakukan diskusi pihak FIM menyetujui untuk memberikan homologasi grade A. sehingga, Indonesia bisa melangsungkan ajang MotoGP Indonesia 2022.

“Alhamdulilah, lintasan sudah bisa dipakai untuk ajang balap MotoGP. Tentu ini tidak lepas dari dukungan Hadi Tjahjanto sebagai komandan lapangan, kementrian-kementrian terkait, dan semua pihak yang telah mendukung,” tutup Priandhi.

Baca Juga : Dua Kali Jatuh Saat Q1 Di Sirkuit Mandalika, Marquez: Kami Harus Menyerang

Sebelumnya, Sirkuit Mandalika mengantongi homologasi grade B sehingga boleh menggelar ajang World Superbike (WSBK) 2021. Namun, ketika akan menaikan levelnya, timbul masalah terkait aspal mengelupas saat sesi tes pramusim MotoGP 2022.

Tentu, para pembalap mengutarakan kekecewaan. Alhasil, proses tertunda menunggu proses pengaspalan ulang lapisan atas jenis Stone Magic Asphalt (SMA) dengan tebal 4,5 cm dan pengerjaan dilakukan sepanjang 1,6 km. Usai pengerjaan ulang tersebut, akhirnya Sirkuit Mandalika resmi mendapatkan homologasi Grade A alias terbaik.