POPULAR STORIES

Battista Anniversario Mobil Listrik Murni Hyper GT Pertama Di Dunia Dan Hanya 5 Unit

Battista Anniversario Mobil Listrik Murni Hyper GT Pertama di Dunia dan Hanya 5 Unit

KabarOto.com - Automobili Pininfarina meluncurkan hyper GT bertenaga listrik murni, perdana di dunia. Diberi nama Battista Anniversario, mobil ini sebagai diluncurkan sebagai perayaan 90 tahun sejak Battista 'Pinin' Farina diciptakan.

Battista Anniversario hanya akan dibuat dengan tangan di daerah Cambiano, Turin, Italia tempat berdirinya kantor pusat dan desain Pininfirina. Kerennya, mobil listrik murni hyper GT tersebut hanya akan dibuat sebanyak lima unit saja, semakin terasa eksklusif kan!

Baca Juga: Klimisnya Mazda RX-7 Bathrust Edisi Akhir Ini, Bakal Jadi Koleksi Museum Inggris

"Anniversario diibaratkan sebuah penyulingan dari segala hal yang sudah diperjuangkan masa lalu, sekarang kita perjuangkan di masa depan untuk menciptakan puncak baru dari keinginan sebuah mobil listrik," ujar Michael Perschke CEO Automobili Pininfarina.

Anniversario memiliki kombinasi tiga warna khas yaitu Bianco Sestriere, Grigio Antonelliano, dan Iconica Blu. Dibuat oleh pengrajin di Cambiano, membutuhkan beberapa minggu mengecat tiap lapisan mobil untuk membangun lapisan demi lapisan dan warna, mengingat mobil ini dibuat menggunakan tangan.

Bahkan, Anniversario harus bongkar pasang hingga tiga kali agar pinstripes dalam tiga warna tersebut dapat dilukis dengan tangan.

Baca Juga: Apa Sih Keunggulan Teknologi Super Handling All-Wheel Drive Milik Acura?

Menggunakan sasis dan bodi monokok, serat karbonnya memberikan pondasi yang kuat. Empat motor listrik yang terpasang menghasilkan tenaga 1.900 dk dan torsi 2.300 Nm. Pininfarina mengaplikasikan baterai 120 kWh untuk tenaga Anniversario yang dipasang di kerangka karbon berbentuk T.

Mengingat Anniversario adalah mobil listrik, dengan tingkat nol emisi mampu menempuh hingga 500 km. Bahkan di klaim lebih cepat dari mobil Formula 1, Anniversario bisa berakselerasi 0-100 kpj dalam waktu kurang lebih dua detik. Sementara akselerasi 0-300 kpj hanya kurang dari 12 detik.

Keseluruhan kombinasi yang dimiliki oleh Anniversario sebagai mobil listrik murni hyper GT pertama di dunia, menampilkan hasil yang tak main-main. Soal harga, Anniversario dijual seharga € 2,6 juta atau setara Rp 41 miliar!

"Hasilnya lebih sekadar karya seni visual. Styling diimbangi dengan kinerja terbaik menghasilkan kekuatan dan keindahan," ujar Luca Borgogno Chief Design Officer Automobilia Pininfarina.