POPULAR STORIES

Apa Sih Keunggulan Teknologi Super Handling All-Wheel Drive Milik Acura?

Apa Sih Keunggulan Teknologi Super Handling All-Wheel Drive Milik Acura? Kabaroto/Acura

KabarOto.com - Perusahaan yang terkenal sebagai 'Honda-nya Eropa' yakni Acura, telah merilis teknologi SH-AWD yang merupakan singkatan Super Handling All-Wheel Drive. Penjualan mobilnya secara kumulatif diklaim pihaknya mencapai 1 juta unit di Amerika Utara.

Teknologi Acura tersebut pertama kali ditemukan 16 tahun lalu yang berasal dari hasil pengembangan teknologi direct yaw control menjadi torque-vectoring all-wheel drive system.

Fitur SH-AWD tersebut terdapat di 6 model Acura yang terbagi dari TLX dan RLX untuk sedan sport, RDX dan MDX untuk kategori SUV dan NSX di kategori supercar.

Teknisnya, menurut Acura sebanyak 70% torsi mesin disalurkan ke roda belakang. 100% dari tenaga tersebut dapat dialokasikan ke bagian kanan maupun kiri roda.

Baca Juga: Acura NSX Zanardi Edition, Mobil Langka Ini Dijual

SH-AWD juga diklaim bisa melakukan overdrive di bagian luar roda belakang sebanyak 2,7% sehingga diklaim menambah kecepatan rotasi roda yang membantu mobil melaju lebih cepat di tikungan dengan grip dan akurasi yang lebih baik.

Sistem yang paling disempurnakan Acura adalah generasi ke-4 SH-AWD yakni yang terdapat di RDX. Mobil tersebut punya sistem SH-AWD yang diklaim paling canggih karena punya respon lebih cepat dengan kapasitas maksimum torsi yang meningkat sebanyak 40%.

Adapun Sport Hybrid SH-AWD yang ada di NSX, RLX dan MDX yang menggunakan dua buah motor elektrik diklaim memiliki fitur negative braking secara instan dan torsi independen. Bahasa simpelnya, fitur tersebut bakal membantu pengemudi untuk melibas tikungan secara sempurna seperti mengikuti racing line tanpa kehilangan tenaga saat keluar tikungan.