POPULAR STORIES

Ekspor Meningkat, Suzuki Buktikan Produk Lokal Diakui Dunia

Ekspor Meningkat, Suzuki Buktikan Produk Lokal Diakui Dunia Ekspor Suzuki ke berbagai negara meningkat saat Pandemik Covid-19

KabarOto.com - Meski saat ini penjualan otomotif masih terdampak Covid-19, namun perlahan mulai menunjukkan peningkatan. PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) mencatatkan, selain penjualan domestik, peningkatan juga terjadi untuk pasar mancanegara atau ekspor.

Ada 2 produk unggulan Suzuki, yaitu All New Ertiga dan New Carry, yang menjadi pendorong meningkatnya volume ekspor di bulan November. Dari total 3.957 unit yang berhasil dikapalkan, All New Ertiga berkontribusi sebanyak 1.414 unit atau 35,7%.

Baca Juga: Suzuki Buka Suara Soal Rencana Produksi Jimny Di Indonesia

Selanjutnya New Carry sebanyak 1.281 unit atau sebesar 32%. Permintaan ekspor yang paling banyak pada November lalu dari dari negara Vietnam, sebesar 25% dari total angka ekspor Suzuki Indonesia. Selain itu, Filipina permintaannya sebesar 20%.

Permintaan Suzuki Carry di mancanegara cukup baik

Aris Yuliyantoro, Assistant Dept. Head Production Planning Control PT SIM mengatakan, untuk meningkatkan dan mempertahankan kinerja ekspor tidak mudah, apalagi saat Pandemik Covid-19 saat ini.

"Kami terus berupaya melakukan ekspor ke berbagai negara," terangnya. Sehingga bulan November lalu ekspor All New Ertiga naik 32% dari bulan sebelumnya. "Bahkan ekspor New Carry naik 60% dari bulan Oktober,” tambah Aris.

Meningkatnya volume ekspor ini, mendorong Suzuki untuk terus berusaha memenuhi permintaan pasar global, menghadirkan mobil-mobil ungulan yang menggunakan komponen lokal hingga mencapai 85%. Dengan begitu, pabrikan berlambang huruf 'S' ini dapat berkontribusi pada ekonomi dan pasar otomotif nasional.

Baca Juga: Suzuki Tunggu Pemerintah, Siapkan Kendaraan Rendah Emisi

Suzuki pada Januari sampai November 2020, berhasil mengekspor 41.988 unit kendaraan, didominasi oleh All New Ertiga, New Carry, dan XL7. “Positifnya angka ekspor membuktikan produk-produk Suzuki Indonesia diakui kualitasnya oleh dunia," tambah dia.

Hal tersebut meyakinkan Suzuki terus berinovasi untuk selalu menghadirkan produk dengan kualitas berstandar internasional.