Ekspor Perdana Toyota Fortuner Ke Australia Diyakini Gairahkan UKM Indonesia

Ekspor Perdana Toyota Fortuner ke Australia Diyakini Gairahkan UKM Indonesia Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat peresmian pencapaian produksi ekspor 2 Juta unit Toyota Fortuner (PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMI)

Kabaroto.com - Keberhasilan putra putri bangsa memproduksi serta melakukan ekspor 2 juta unit Toyota Fortuner dan ekspor perdana dengan tujuan Australia mendapat apresiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal ini membuktikan bahwa sumber daya manusia (SDM) Indonesia memiliki kualifikasi yang baik dalam hal memproduksi mobil. Terlebih, ekspor perdana Toyota ke Australia ini dalam bentuk mobil secara utuh atau completely built up (CBU).

Baca Juga : Ini Harga Dan Pilihan All New Toyota Land Cruiser Untuk Konsumen Indonesia

Jokowi menilai bahwa SDM Indonesia memiliki kemampuan yang sangat baik. Mulai dari ketelitian hingga kecermatan dalam memproduksi mobil.

"Sangat teliti, sangat cermat sangat hati-hati karena ini menyangkut keselamatan orang," kata Jokowi dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/2).

Dengan realisasi ekspor ke Australia, Indonesia telah mencatatkan pencapaian ekspor mobil ke empat benua yakni Amerika, Afrika, Asia, Australia dengan total 80 negara.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat peresmian pencapaian produksi ekspor 2 Juta unit Toyota Fortuner (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

Kemudian peran Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia dalam menyediakan dan membantu produksi mobil juga menjadi kolaborasi yang sangat baik. Karena, banyak spare part hingga aksesoris-aksesoris di dalam mobil tersebut disupply dari industri-industri UKM Indonesia.

"Ini juga sangat baik untuk menghidupkan usaha-usaha kecil yang ada di negara kita," ucap eks Gubernur DKI tersebut.

Baca Juga : Profil New Toyota Fortuner 2.8 VRZ 4x4 A/T GR Sport

Jokowi juga mengaku senang karena Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dari ekspor ini sudah lebih dari 75 persen. "Ini juga sangat baik untuk menghidupkan usaha-usaha kecil di negara kita," kata dia.