POPULAR STORIES

Elspeth Beard, Sakit Hati Menjadikannya Wanita Penjelajah Dunia

Elspeth Beard, Sakit Hati Menjadikannya Wanita Penjelajah Dunia

KabarOto.com – Kalau kata almarhum Meggy Z, lebih baik sakit gigi dari pada sakit hati. Kehidupan remaja memang sering diwarnai dengan manis dan pahitnya kehidupan, apalagi soal percintaan yang sensitif, bisa mengacaukan kehidupan sehari-hari.

Seperti dialami oleh wanita asal London, Inggris bernama Elspeth Beard, dikenal dengan kisah hidupnya sebagai wanita Inggris pertama yang berpetualang sendirian, menggunakan motor keliling dunia. Kala itu ia masih berumur 23 tahun, kuliah jurusan arsitek dan hidupnya mulai kacau karena putus dengan pacarnya, sehingga mempengaruhi nilai.

Elspeth Beard memimpikan sebuah petualangan panjang menggunakan motor, akhirnya dipinang sebuah BMW R60/6 lansiran 1974. Sekilas info, motor ini berbekal mesin 600 cc, dengan output 40 dk dan torsi 49 Nm, kecepatan maksimalnya 166 kpj.

Baca Juga : Manjakan Mata, Mario Iroth Rekomendasikan Flores Jadi Destinasi Touring

Sebelum melakukan perjalanan jauh, Elspeth Beard sempat memodifikasi motornya agar bisa memuat banyak barang, dan mempelajari seluk beluk BMW R60/6 itu, sewaktu-waktu dijalan ada kendala teknis dapat diselesaikan sendiri.

Perjalanan dimulai dari wilayah Eropa, seperti Skotlandia, Irlandia, Korsika hingga Perancis. Dalam petualangannya tersebut, Elspeth Beard sudah menempuh jarak sekitar 16,000 km. Ia juga sempat absen cukup lama karena bekerja mengumpulkan dana.

Lantas setelah dirasa cukup, Beard kembali membuat cerita hidupnya mulai di New York, Amerika Serikat berlanjut Kanada, Meksiko dan Los Angeles, Amerika Serikat. Setelah itu ia naik kapal ke Sydney, Australia, sambil memperdalam karirnya sebagai arsitektur selama 7 bulan menunggu motornya diperbaiki dan mengisi dompetnya yang sudah menipis.

Setiap perjalanannya, Elspeth Beard sempat mengalami kejadian tidak mengenakkan seperti dirampok sampai harus menunda perjalanan demi melengkapi berkas yang hilang. Lalu kecelakaan hingga cedera parah saat di Queensland, Australia.

Tapi dibalik semua itu ia menemui hal-hal baik seperti kebudayaan baru, keluarga baru, keramahan orang lokal yang membantunya, dan sebagainya.

Baca Juga : Begini Tips Mario Iroth Saat Touring Ke Negara Lain

Kecelakaan terbesar kedua ia alami akibat menabrak seekor anjing yang tiba-tiba melintas. Beruntung ada keluarga kecil Thailand yang menolongnya, "Mereka tidak berbicara sepatah kata pun dalam bahasa Inggris dan aku tidak sepatah kata pun bahasa Thailand.Tapi kami mendapat poin kami menggunakan bahasa isyarat," kenangnya.

Uniknya, Elspeth Beard menemukan setengah dari anjing yang ditabraknya, dan keluarga tersebut telah memakan separuh lainnya. "Aku segera mengerti mengapa mereka dengan senang hati merawatku. Aku sudah memberi mereka makan dua minggu," ungkapnya.

Setelah menghabiskan waktu sekitar 3 tahun di jalanan, melewati 20 Negara termasuk Indonesia. Dan menambah jarak sekitar 56.000 km lebih di spidometer, kini Elspeth Beard yang berusia 58 tahun dinobatkan sebagai wanita Inggris pertama penjelajah dunia menggunakan motor.

Serta pada 2017 lalu kisah Elspeth Beard dirangkum ke dalam buku “Lone Rider : The first British woman to motorcyle around the worlds”.