Empat Wartawan Indonesia Touring Jelajah 34 Provinsi, 15 Pulau Dan 7 Puncak Gunung Indonesia

Empat Wartawan Indonesia Touring Jelajah 34 Provinsi, 15 Pulau dan 7 Puncak Gunung Indonesia PWI

KabarOto.com - Tepat di hari Sumpah Pemuda, touring Jelajah Kebangsaan Wartawan dilepas oleh Ketua Umum (Ketum) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Atal S Depari.

Tanggal 28 Oktober 2021 di gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, pukul 09.30 WIB, 4 rider yang merupakan jurnalis nasional menjalani touring Jelajah Kebangsaan Wartawan (JKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dilepas keberangkatannya oleh Ketum PWI, yang disaksikan oleh anggota PWI lainnya, Perwakilan Kemenpora, Perwakilan Kawasaki dan Perwakilan Kingland Tire serta beberapa perwakilan komunitas motor.

Yanni Krishnayanni, Agus Blues Asianto, Indrawan Ibonk serta Sonny Wibisono, merupakan empat rider yang menjalani misi touring JKW-PWI dengan jarak perjalanan 17 ribu kilometer selama empat bulan.

Perjalanan mereka akan melintas di 34 provinsi, 15 pulau dan 7 Gunung tertinggi di Indonesia. Empat orang jurnalis ini ditemani motor Kawasaki yang berkolaborasi dengan Kingland Tire, apparel Contin serta helm Trooper.

Baca juga: Buktikan Ketahanan Pelek, HSR Wheel Touring Ke 0 Kilometer Sabang

Atal S Depari mengatakan, acara ini merupakan momen Nasional yang pertama kali diselenggarakan PWI. Ini sebagai awal untuk memulai kegiatan lainnya di bidang olahraga. Perjalanan ini juga dinilai merupakan olahraga otomotif roda dua. Dengan adanya momen ini diharapkan ke depannya bisa membuka mata dunia, khususnya keindahan alam Indonesia. Eksplor tempat wisata dikemudian hari akan mendatangkan banyak turis ke Tanah Air.

"Hal ini menunjukan semangat pemuda yang terus bergelora demi memajukan bangsa ini. Dengan pengibaran bendera start, saya melepas ke empat rider PWI untuk menjalani touring JKW-PWI," kata Atal S Depari, Ketua Umum PWI.

Ia berpesan agar perjalanan yang memakan waktu empat bulan ini dari Oktober hingga Februari 2022 mematuhi peraturan lalu lintas. Touring yang sopan dan santun, tetap menghargai para pengendara lainnya yang melintas di jalan, dan etap menjalani protokol kesehatan (prokes).
Touring ini bukan hanya sekadar perjalanan yang tanpa misi. Misi mereka adalah akan memecahkan rekor MURI. Diantaranya rekor touring seven summit. Predikat touring 17 ribu kilometer sebagai wartawati Indonesia. Diakhir misinya, mereka akan membuat sebuah buku yang berjudul Indahnya Indonesia.

Rute yang akan mereka tempuh adalah Jakarta - Sumatera, Kalimantan - Surabaya - Bali - NTB - NTT - Papua - Maluku - Sulawesi - Surabaya - Semarang - Jogja - Pangandaran - Bandung dan kembali ke Jakarta di tanggal 19 Februari 2022 mendatang. Sebelum mereka kembali ke Jakarta, mereka akan finish di Kendari, tepatnya di event Hari Pers Nasional (HPN) yang direncanakan tanggal 9 Februari 2022.

Baca juga: Tim Touring Uji Pelumas Wealthy Selesaikan Touring 5.000 Kilometer

"Sebagai Ketua Umum PWI saya berpesan untuk ke empat rider agar menjaga nama baik PWI dimanapun berada dan kapanpun. Kami selalu mendoakan agar perjalanan kalian lancar, selamat sampai tujuan hingga kembali ke Jakarta. Sehat selalu," ungkapnya.

Pihak Kingland akan memantau perjalanan JKW-PWI dari mulai berangkat hingga berakhirnya jelajah Nusantara. Kingland akan melakukan pengecekan ban di setiap titik yang telah ditentukan, seperti Medan, Makassar dan Surabaya.