POPULAR STORIES

Era Mobil Listrik, Sudah Banyak Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum

Era Mobil Listrik, Sudah Banyak Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Stasiun pengisian kendaraan listrik Pertamina (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Era mobil listrik saat ini sudah mulai terasa, sudah banyak Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Namun memiliki cara pembayaran yang berbeda, dan pembatasan waktu pengisian. Ini karena kebanyakan beberapa masih belum melakukan beban biaya pengisian atau gratis.

Beberapa kali KabarOto menguji mobil listrik, telah menemukan beberapa SPKLU umum dan diler resmi kendaraan. Nah, SPKLU ini memiliki metode pembayaran yang berbeda-beda, khususnya yang bukan disiapkan khusus oleh diler kendaraan di beberapa parkiran mal, seperti Hyundai dan Mitsubishi.

Ada beberapa SPKLU berbayar milik swasta dan yang disiapkan oleh beberapa stasiun pengisian bahan bakar BUMN maupun swasta. Kehadiran SPKLU ini sangat membantu memperbanyak kehadiran mobil listrik di jalan raya saat ini.

Baca juga: Menjajal SPKLU Di EVCuzz Gading Serpong, Begini Langkahnya

Stasiun pengisian kendaraan listrik yang disiapkan oleh diler resmi kendaraan listrik

Sudah banyak stasiun pengisian kendaraan listrik oleh pihak swasta, tetapi harus mengunduh aplikasinya dahulu dan melakukan pengisian atau top-up. Stasiun pengisian kendaraan listrik berbasis aplikasi itu ada EVCuzz, DayaGreen dan Starvo.

Ketiga aplikasi ini memang menawarkan pengisian baterai mobil listrik, melalui perangkat yang disedikan di beberapa lokasi wilayah Jabodetabek. Cara top-up juga mudah, bisa melalui beberapa bank swasta dan pemerintahan di Indonesia, melalui transfer contohnya bank BCA melalui BCA Virtual Account.

Stasiun pengisian kendaraan listrik DayaGreen

Cara yang mudah untuk melakukan pengecasan kendaraan listrik, memang menggunakan aplikasi. Kini aplikasi milik perusahaan BUMN yakni Pertamina juga menyediakan SPKLU di beberapa wilayah Jaboderabek. Salah satunya yang berlokasi di jalan MT Haryono, Jakarta Selatan, di SPBU Pertamina ini juga tersedia SPKLU.

Dengan menggunakan aplikasi MyPertamina, anda bisa melakukan booking tempat dan mencari lokasi SPKLU terdekat. KabarOto melakukan booking, dan melakukan pengisian kendaraan listrik. Sayangnya, dari aplikasi terhadap pihak SPBU yang dituju tersebut belum tersambung, sehingga pemesanan atau booking dengan pembayaran tidak langsung ter-update oleh pihak SPBU di lokasi.

Beruntungnya, pihak SPBU Pertamina tersebut memahami hal tersebut dan tetap menerima KabarOto untuk melakukan pengecasan tanpa harus ada biaya yang dikeluarkan. Karena menurut mereka sistem belum 100% berjalan normal, sehingga KabarOto melakukan pengisian berdasarkan jumlah yang sudah dilakukan melalui aplikasi MyPertamina.

Baca juga: SPKLU Baru Akan Hadir Di Jakarta Selatan, Ini Lokasinya

Pengisian kendaraan listrik dengan menggunakan aplikasi MyPertamina

Kemudian ada juga SPBU Shell, adalah sebuah perusahaan minyak dan gas multinasional yang berkantor pusat di Belanda dan didaftarkan di Inggris. Perusahaan ini juga menyediakan jasa pengecasan kendaraan listrik dengan ketentuan atau persyaratan yang telah dibuat.

Shell menyediakan layanan pengecasan kendaraan listrik, selama 30 menit. Pemilik kendaraan yang melakukan pengecasan akan dikenakan biaya sebesar Rp 85 ribu, biaya ini untuk menebus 2 gelas kopi dingin dan 5 potong kue kering berukuran kecil.

Shell menyiapkan 3 model alat pengecasan juga seperti di Pertamina, yakni AC, CCS dan CHAdeMO.

SPKLU yang disiapkan oleh Shell

Beberapa lokasi juga ada yang melakukan hal serupa, yakni Kuntum di Bogor, Jawa Barat. Pihak pengelola mempersilahkan kendaraan listrik melakukan pengecasan tanpa batasan waktu, namun pemilik kendaraan harus membeli tiket masuk Kuntum sebesar Rp 70 ribu.

Sudah banyaknya SPKLU di beberapa wilayah Jabodetabek, artinya kendaraan listrik juga sudah banyak yang menggunakannya. Malahan Pemprov DKI Jakarta membuat aturan khusus untuk kendaraan listrik, dibebaskan dari aturan Ganjil-Genap Jakarta. Karena dianggap sudah membantu dalam menciptakan lingkungan bersih.