POPULAR STORIES

Euro NCAP Akan Uji Sistem Deteksi Pejalan Kaki Pada Teknologi Mobil Otonom

Euro NCAP Akan Uji Sistem Deteksi Pejalan Kaki Pada Teknologi Mobil Otonom Organisasi keamanan Eropa (Euro NCAP) menerapkan sistem uji tes pendetesksi dan pencegah tabrak pejalan kaki pada mobil otonom. (Foto: Inautonews.com)

Pada permulaan tahun 2016, organisasi keamanan Eropa (Euro NCAP) akan memperkenalkan tes baru pada mobil teknologi otonom. Hal tersebut dilakukan untuk memeriksa seberapa baik mobil otonom dalam mendetesksi dan mencegah tabrakan dengan pejalan kaki.

Mengutip Inautonews, Organisasi keamanan Eropa (Euro NCAP) memang sedang gencar untuk menemukan cara terbaru untuk memaksa para produsen otomotif agar meningkatkan sistem keamanan mobil mereka. Setiap tahun bakal ada tes baru yang akan diperkenalkan dalam hal ini. Oleh karena itu mulai tahun 2016 Euro NCAP akan menguji seberapa baik mobil otonom dapat mendeteksi dan mecegah tabrakan dengan pejalan kaki.


Sistem Deteksi Pejalan Kaki organisasi keamanan Eropa (Euro NCAP)

Menurut Euro NCAP,Eropa perlu teknologi baru demi keselamatan pejalan kaki,pengendara sepeda dan pengendara sepeda motor yang terluka maupun tewas di jalan setiap tahunnya. Pada tahun 2014 kecelakaan dijalan merenggut 26.000 kematian.

"Meskipun teknologi ini berkembang pesat, itu belum tentu dapat mencegah setiap tabrakan dengan seorang pejalan kaki di dunia nyata. Tapi kendaraan yang dirancang baik dan dapat mellewati tes ini akan menjadi lebih baik untuk mencegah ribuan kematian dan cedera yang mengubah hidup di jalan-jalan Eropa ." kata Dr Michiel van Ratingen Euro NCAP Secretary General.

Sistem pengereman darurat Pedestrian otonom sudah ditawarkan di beberapa kendaraan dan telah diuji oleh Euro NCAP, termasuk Audi Q7, BMW 2-Series and BMW i3, Ford Mondeo, Lexus NX, Mercedes C-Class, Mini Cooper, Volvo V40, XC90, Toyota Avensis and VW Passat.

Baca Juga: