Everrati Perkenalkan Ford GT40 Legendaris Dengan Mesin Listrik

Everrati Perkenalkan Ford GT40 Legendaris dengan Mesin Listrik

KabarOto.com - Spesialis perusahaan pembuat mobil listrik asal Inggris yakni Everrati, berkolaborasi dengan Superperformance asal Amerika Serikat untuk membangun Ford GT40 bermesin listrik.

Kedua perusahaan tersebut ingin menjaga tradisi mobil legenda Le Mans tetap hidup, membangun Ford GT40 sebagai mobil legenda agar tidak dilupakan zaman. Menjadikannya sebagai mobil listrik agar tetap bertahan di masa depan.

Baca juga: Porsche 911 Klasik Racikan Everrati Andalkan EV

Everrati berdiri pada 2019, tujuan Everrati adalah untuk lebih menjaga keberadaan mobil-mobil ikonik dunia dengan menyuntikan teknologi elektrifikasi agar tetap "awet muda". Merekayasa paket baterai dan mesin listrik untuk setiap kendaraan individu, berusaha mempertahankan karakteristik yang paling disukai dari aslinya sambil memodernisasi dan meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

Everrati saat ini sedang bekerja keras mengubah mobil Superperformance GT40 Mk II menjadi prototipe listrik, melakukan pekerjaan di bekas pangkalan angkatan udara Cotswolds, Inggris. Pekerjaan itu melibatkan penempatan baterai dan komponen listrik lainnya secara tepat untuk menjaga distribusi dan penanganan bobot yang tepat.

Dibutuhkan baterai 46-kW berpendingin cairan melalui arsitektur listrik 700-V ke penggerak motor ganda. Everrati memiliki target yang ditetapkan yakni tenaga maksimal 800 dk dan torsi 800 Nm, mengharapkan waktu 0-100 kpj di bawah 4 detik dan jangkauan lebih dari 201 km.

Mobil E-GT40 bermesin listrik ini akan menyertakan pengisian cepat DC dan pengisian daya AC. Jadi tanpa menunggu lama untuk mengisi ulang baterai untuk menggerakan mootor listrik.

Baca juga: Keren, Mahasiswa UGM Hadirkan Konsep Mobil Listrik Bernama Daruna

Everrati GT40 menggunakan suspensi depan dan belakang independen dan dilengkapi coil-over Bilstein dan pegas H&R. Sementara untuk pengereman menggunakan cakram berventilasi di empat rodanya dengan kaliper Wilwood.

Bagian interior, menggunakan kursi layaknya GT40 saat balapan Le Mans. Setir kendaraan tersedia untuk di bagian kiri atau kanan plus pendingin udara agar tetap nyaman selama berkendara.

“Begitu banyak mobil legendaris yang diciptakan oleh kemitraan Anglo-Amerika selama tahun 1960-an. Bahkan, GT40 pertama dihidupkan pada awal tahun enam puluhan oleh tim yang berbasis di Inggris yang dipimpin oleh ekspat Insinyur Inggris, Roy Lunn, di Ford Advanced Vehicles di Slough. Jadi, rasanya sangat tepat bagi Everrati untuk bermitra dengan Superformance, tidak hanya meneruskan warisan ikon otomotif tetapi juga kemitraan antara Inggris dan Amerika Serikat." ujar pendiri dan CEO Everrati, Justin Lunny.

Harga belum diumumkan, tetapi pendaftaran preorder tersedia. Namun pihak perusahaan yang berkolaborasi berencana untuk merilis lebih banyak detail saat pengembangan berlangsung.