POPULAR STORIES

F1 2023 Sirkuit Jalanan Marina Bay Mengalami Perubahan

F1 2023 Sirkuit Jalanan Marina Bay Mengalami Perubahan Foto : F1.

KabarOto.com - Akhir pekan ini kita akan menyaksikan balapan Formula 1 paling dekat dengan Indonesia, yakni Singapura yang menjadi seri ke-16 dari 23 seri musim ini.

Namun sebelum beralih ke hari balapan, ternyata sirkuit jalanan Marina Bay telah mengalami perubahan. Sebelumnya sirkuit ini memiliki total 23 tikungan, setelah evaluasi dan penyesuaian akhirnya total menjadi 19 tikungan.

Hilangnya tikungan di area Bay Grandstand, membuat lintasan jadi lurus. Hal ini juga mempercepat waktu putaran hingga 10-15 detik per putarannya, oleh karenanya jumlah lap pun ditambah dari biasanya 61, kini 62 atau 63 lap.

Baca Juga : Target Mobil F1 2026 Lebih Ringan 50 Kg

Waktu balapan pun jadi lebih singkat, mungkin hanya 1,5 jam saja. Selain itu tata letak sirkuit ini membuat balapan jadi lebih mudah, pengereman jadi tidak terlalu sulit, ban pun tidak terlalu terbebani degradasi.

“Hal ini akan membuat ban menjadi sedikit dingin, dan ban tidak akan terlalu buruk di beberapa tikungan terakhir ini. Jadi sebenarnya ini membuat hidup lebih mudah menurut saya dari sisi ban," kata direktur performa Aston Martin, Tom McCullough.

Baca Juga : Helmut Marko Minta Maaf, Setelah Komentar Pedasnya Ke Sergio Perez

Musim lalu, Sergio Perez (Red Bull Racing) berhasil menjuarai balapan, disusu; oleh duet Scuderia Ferrari yakni Charles Leclerc di posisi kedua, dan Carlos Sainz di posisi ketiga. Akankah Perez membuktikan kualitasnya sebagai rekan setim Max Verstappen yang jadi pimpinan klasemen pembalap F1 2023, atau Scuderia Ferrari naik podium lagi di sini? Kita tunggu saja.