POPULAR STORIES

F1 2023 Wajibkan Penggunaan Kamera Helm

F1 2023 Wajibkan Penggunaan Kamera Helm Dok : Scuderia Ferrari

KabarOto.com – Teknologi semakin berkembang begitu juga di balapan sekelas F1. Baru-baru ini kita disuguhkan tampilan kamera dari sudut pandang pembalap, sehingga kita sebagai penonton melalui TV bisa melihat juga apa yang dilihat oleh pembalap.

Inovasi ini sebenarnya mulai diperkenalkan sejak musim lalu, namun memang belum semua pembalap menggunakannya. Terdapat kamera kecil berukuran 8 mm, dan berat sekitar 2,5 gram di bagian samping bantalan helm pembalap.

Baca juga: Podium Ganda Di Imola, Red Bull Racing Kejar Poin Scuderia Ferrari

Produsen helm Bell dan perusahaan induk Racing Force Group (RFG), telah menyetujui perjanjian resmi dengan pemegang hak komersial F1 soal penggunaan kamera pada 2022.

“The Driver’s Eye adalah kamera mikro homologasi FIA, diposisikan setinggi mata pada bantalan pelindung di bagian dalam helm pembalap. Teknologi ini akan tersedia selama musim 2022 untuk semua pembalap di grid Formula 1 yang memakai helm Bell “ ujar RFG.

Pihak FIA juga telah menyetujui kesepakatan bahwa semua pembalap wajib menggunakan kemera helm ini pada 2023 mendatang setelah rapat komisi F1 di London.

Baca juga: Hasil F1 Emilia Romagna 2022: Kebangkitan Red Bull Racing

Kondisi helm apabila tidak dipasangkan kamera.

“Setelah uji coba teknologi kamera helm baru pada beberapa balapan baru-baru ini, hal ini terbukti sukses besar dan banyak tanggapan positif dari penggemar yang sangat berharga bagi siaran Grand Prix. Oleh karenanya, disetujui untuk memperbarui aturan teknis 2023, mewajibkan semua pembalap menggunakan kamera helm mulai 2023 hingga seterusnya,” bunyi pernyataan FIA.