POPULAR STORIES

Podium Ganda Di Imola, Red Bull Racing Kejar Poin Scuderia Ferrari

Podium Ganda di Imola, Red Bull Racing Kejar Poin Scuderia Ferrari Dok : F1

KabarOto.com – GP Emilia Romagna akhir pekan kemarin memang jadi harinya Red Bull Racing. Kedua pembalapnya meraih podium, Max Verstappen senagai pemenang dan mendapat poin maksimal, Sergio Perez konsisten mempertahankan posisi runner up. Red Bull Racing mendapatkan tambahan 52 poin, dengan total 113 poin di urutan kedua klasemen konstruktor.

“Ini menjadi salah satu hasil terbaik kami, untuk mengambil poin maksimum di sepanjang akhir pekan, luar biasa. Baik Max dan Checo telah balapan dengan cemerlang menjadi finis satu-dua pertama, sejak Malaysia pada 2016. Saya sangat bangga dengan seluruh tim, dari semua orang di trek dan mereka yang kembali ke pabrik di Milton Keynes, mereka memberikan kinerja yang fenomenal,” ujar Kepala Tim Red Bull, Christian Horner.

Baca juga: Hasil F1 Emilia Romagna 2022: Kebangkitan Red Bull Racing

Sementara Scuderia Ferrari masih bertahan di puncak klasemen konstruktor dengan 124 poin. Bermain di kandang sendiri mereka hanya mendapat poin melalui Charles Leclerc, finis posisi keenam akibat tergelincir. Sementara Carlos Sainz harus menelan pil pahit setelah harus tersingkir di lap pertama usai bersenggolan dengan Daniel Ricciardo (McLaren).

Mercedes-AMG Petronas juga mendapat poin dari George Russell. Sementara Lewis Hamilton tidak mampu bersaing dan hanya finis di urutan ke-13. Tim harus turun satu grid ke peringkat tiga dengan 77 poin.

“Kami tidak memproduksi mobil yang cukup baik atau layak untuk seorang juara dunua seperti Hamilton, jadi kami perlu melihat berbagai hal untuk balapan selanjutnya di Miami, membuat langkah maju dalam pemahaman kami dan membawa pengembangan ke mobil demi memperbaiki masalah kami,” jelas Toto Wolff selaku Kepala Tim Mercedes-AMG Petronas.

Diikuti oleh McLaren di urutan kelima total 46 poin, usai Lando Norris meraih podium ketiga. “Posisi 3 hasil yang luar biasa! Kami tentu tidak menyangka itu terjadi pada akhir pekan ini, jadi saya senang bisa pergi dengan podium,” papar Norris.

Peringkat enam ada Alfa Romeo meraih 25 poin, yang cukup tampil kompetitif melalui Valtteri Bottas. Pembalap Finlandia itu tampil agresif bersaing dengan George Russell memperebutkan posisi keempat, namun sayang kesempatan belum datang padanya dan hanya finis kelima.

Baca juga: Menang F1 Emilia Romagna 2022, Max Verstappen Diganjar Penghargaan Bergengsi

Alpine juga harus berjuang dengan satu pembalap, sebab Fernando Alonso mengalami kerusakan sidepod. Sementara Esteban Ocon juga belum bisa memberikan poin untuk tim karena hanya finis ke-14. Sekarang Alpine bertengger di peringkat ketujuh dengan perolehan 22 poin.

Begitu juga AlphaTauri mendapat poin hiburan lewat Yuki Tsunoda usai pembalap Jepang itu finis ketujuh, membuat total 16 poin. Sementara Haas membuntuti di urutan kedelapan dengan hanya selisih satu poin, tim asal Amerika Serikut itu menambah pundi-pundi dari Kevin Magnussen 15 poin

Aston Martin Cognizant meraih double poin perdananya usai Sebastian Vettel finis kedelapan dan Lance Stroll jadi juru kunci 10 besar, tim berhak atas 5 poin meninggalkan Williams yang masih tertahan 1 poin di dasar klasemen.

Klasemen Konstruktor Sementara Setelah F1 Emilia Romagna 2022 :