F1 Dan Mercedes Kecam Dugaan Rasisme Oleh Nelson Piquet

F1 dan Mercedes Kecam Dugaan Rasisme oleh Nelson Piquet Lewis Hamilton (Foto: Mercedes-AMG Petronas F1)

KabarOto.com – Baru-baru ini Formula dihebohkan terkait masalah ujaran diduga bernada rasis yang dilayangkan oleh Nelson Piquet kepada Lewis Hamilton.

Pernytaan itu dilontarkan di sesi wawancara November 2021 lalu, namun baru ramai sekarang. “Tapi n****** menempatkan mobil di bagian dalam Copse. Copse adalah tikungan kecepatan yang sangat tinggi, tidak mungkin dua mobil bisa melewatinya berdampingan. Dia bermain kotor. Keberuntungannya adalah Verstappen berhasil dan Hamilton sangat beruntung,”

Hal ini tentu dikecam oleh berbagai pihak, termasuk F1, tim Mercedes AMG Petronas, serta FIA.

Baca Juga : Masalah Porpoising Dan Kebijakan FIA, Panaskan Atmosfer Tim Di Formula 1

“Bahasa diskriminatif atau rasis tidak dapat diterima dalam bentuk apa pun dan tidak memiliki bagian dalam masyarakat. Lewis adalah duta besar yang luar biasa untuk olahraga kami dan pantas dihormati, Upayanya yang tak kenal lelah untuk meningkatkan keragaman dan inklusi adalah pelajaran bagi banyak orang dan merupakan komitmen kami di F1,” bunyi pernyataan F1.

Mercedes juga mengeluarkan pernyataan serupa sebagai dukungan kepada Hamilton. “Kami mengutuk dengan keras setiap penggunaan bahasa diskriminatif rasis dalam bentuk apa pun. Lewis telah mempelopori upaya olahraga kami untuk memerangi rasisme, dan dia adalah juara sejati keragaman di dalam dan di luar motorsport,” bunyi pernyataan itu.

Bava Juga : Bagaimana Regulasi Penalti Grid Mesin Dan Girbok Formula 1?

Hamilton sendiri sempat meraih penghargaan Laureus Athlete Advocate of the Year Award musim lalu setelah mengkampanye kan Black Lives Matter sepanjang musim setelah insiden tewasnya George Floyd.

“FIA mengutuk keras setiap bahasa dan perilaku rasis atau diskriminatif, yang tidak memiliki tempat dalam olahraga atau masyarakat yang lebih luas. Kami menyatakan solidaritas kami dengan Lewis Hamilton dan sepenuhnya mendukung komitmennya terhadap kesetaraan, keragaman, dan inklusi. dalam olahraga otomotif,” tambah FIA.