POPULAR STORIES

F1 Perpanjang Kontrak Sirkuit Zandvoort Hingga 2025

F1 Perpanjang Kontrak Sirkuit Zandvoort Hingga 2025 Dok : F1

KabarOto.com - Formula 1 baru saja memperpanjang kontrak untuk penyelenggaraan balapan di Belanda. Lokasi Sirkuit Zandvoort terkonfirmasi aman hingga 2025 setelah kesepakatan baru diumumkan.

Perjanjian baru menambah 2 tahun lagi, setelah sebelum kontrak hanya berdurasi 3 tahun yang mulai pada 2021. F1 Belanda sendiri kembali ke kalender musim pada 2020, sirkuit ini sendiri sudah ada sejak 1985 dan sebelum melakukan penyesuaian homoglasi untuk F1 sudah mengadakan beberapa seri balapan di sirkuit dengan panjang 4,259 km seperti DTM, A1GP dan Formula 3.

Baca juga: Max Verstappen Dapat Hadiah Honda Acura NSX Type S

Antusias masyarakat juga tinggi, tiket balapan 2023 di akhir Agustus sudah terjual habis. Kini para penggemar akan memiliki 2 pembalap asal Belanda yang berlaga di F1 musim depan, yakni mantan juara Formula 2 Nyck de Vries bergabung bersama AlphaTauri, dan juara dunia F1 2 kali Max Verstappen.

“Kami menantikan Grand Prix yang akan datang. Dengan balapan hebat di mana penggemar Belanda sekarang dapat menikmati tidak kurang dari dua pembalap Belanda,” ujar Jan Lammers, Direktur Olahraga Grand Prix Belanda.

Baca juga: Formula 1 2023 Punya 6 Jadwal Sprint Race

Selain aksi di lintasan balapan ini juga dipuji atas upaya keberlanjutannya, yang merupakan kunci dari ambisi keseluruhan Formula 1 untuk menjadi Net Zero Carbon pada tahun 2030. Salah satu fokus utama ialah perjalanan para fans berkelanjutan. Contoh pada balapan 2022, 99% pemegang tiket umum datang ke sirkuit gunakan transportasi umum, bersepeda, atau berjalan kaki. Sehingga bisa emisi CO2 sekitar 80%.

“Grand Prix Belanda dengan cepat memantapkan dirinya dalam kalender sebagai favorit penggemar, membawa energi luar biasa dan pengalaman penggemar yang luar biasa setiap tahunnya,” kata Stefano Domenicali, Presiden & CEO Formula 1.