POPULAR STORIES

F1 Ubah Waktu Balapan, Start Lebih Awal

F1 Ubah Waktu Balapan, Start Lebih Awal

KabarOto.com – Formula 1 akan merubah jadwal balapan agar lebih awal. Sejak 2018 lalu, balapan selalu dimulai pukul 15.10 waktu Eropa. Namun ada rencana bahwa start dimulai lebih cepat 1 jam 10 menit jadi jam 14.00 waktu Eropa.

Perubahan tersebut dilakukan sebagai bagian dorongan dari F1 Liberty Media untuk mencoba meningkatkan penonton di televisi. Selain itu dengan memajukan jam penayangan, dirasa dapat lebih menarik banyak penonton di Amerika Serikat.

Baca juga: Desain Mobil Paling Aneh Sepanjang Sejarah Balapan Formula 1

Ini juga jadi upaya agar para penonton dapat melihat sekaligus merasakan ketegangan seluruh tim sebelum memulai balap. Pihak Formula 1 (F1) menjelaskan bahwa beberapa penyiar biasanya menayangkan tepat pada jamnya, sehingga kehilangan ketegangan dan emosi yang menjadi ciri menit-menit sebelum dimulainya setiap balapan F1.

Baca juga: Apa Itu Drag Reduction System (DRS) di Formula 1?

"Berkat perubahan ini, pemirsa televisi akan lebih dekat dengan tim dan pembalap, serta menikmati sepenuhnya tontonan yang ditawarkan sebelum balapan dimulai,” jelas F1.

Semua tim pun sudah setuju dengan rencana tersebut. Sementara balapan diluar Eropa juga nampaknya akan disesuaikan kembali.