Desain Mobil Paling Aneh Sepanjang Sejarah Balapan Formula 1

Desain Mobil Paling Aneh Sepanjang Sejarah Balapan Formula 1 Sumber: RedBull.com

KabarOto.com - Desain mobil-mobil Formula 1 (F1) berubah sepanjang waktu, tetapi tidak seperti dulu. Melakukan penerapan desain yang aneh pada mobil balap F1, demi mendapatkan hasil yang maksimal selama balapan.

Spesifikasi F1 yang ketat membuat tim bermain-main secara obsesif dan seringkali tanpa disadari untuk mendapatkan sedikit keunggulan kompetitif. Tetapi sebelum aturan zaman modern yang mengatur F1, ada eksperimen yang membuat balapan terlihat aneh namun menarik disimak.

Desain yang lebih kepada faktor aerodinamik, diklaim dapat membuat performa mobil lebih cepat bahkan lebih gesit.

Baca juga: Bob Fernley Gantikan Jabatan Stefano Domenicali Sebagai Presiden Komisi FIA

Berikut adalah beberapa mobil teraneh yang pernah menghiasi sirkuit F1, menampilkan Arrows, Tyrrell, Lotus, Brabham dan Ensign.

Tyrrell P34 (1976)

Pada musim balapan F1 1976, menjadi satu-satunya mobil roda enam yang pernah balapan di F1. Di mana inspirasi mobil dari kartun Pink Panther tahun 1970-an.

Desainnya dimaksudkan agar roda yang sempit memiliki daya cengkeram yang sama dengan ban yang lebih lebar, tetapi dengan setengah hambatan udara. Karena P34 adalah satu-satunya mobil dengan pelek tersebut, pabrikan Goodyear tidak menemukan banyak insentif untuk mendanai perbaikan pada desain yang hanya akan mereka jual 18 dalam seminggu.

Akibatnya, mobil tersebut dihentikan pada tahun berikutnya. Tim lain menguji desain enam roda, dengan empat roda di belakang, seperti Williams FW07D pada tahun 1981. Tetapi pada tahun 1982, F1 menetapkan bahwa mobil balap memiliki maksimal empat roda.

Tyrrell 025 (1997)

Pada sirkuit yang berkelok-kelok seperti Monaco, membutuhkan downforce ekstra, Tyrrell 025 dilengkapi dengan sayap tambahan yang dipasang secara diagonal di kedua sisi kokpit.

Penopang ini sekarang dikenang lebih sedikit karena keefektifannya daripada tampilan khas yang membuat mobil ini mendapat julukan "X-Wing". Meskipun mendapat cemoohan dari penggemar, konstruktor lain membuat catatan dan mulai meneliti konsep mereka sendiri.

Tetapi pada akhir musim 1997, teknologi itu akhirnya dilarang oleh otoritas F1, dengan alasan masalah keamanan.