POPULAR STORIES

Fabio Quartararo Protes Dengan Hukuman Steward Di MotoGP Spanyol 2023

Fabio Quartararo Protes dengan Hukuman Steward di MotoGP Spanyol 2023 Fabio Quartararo (foto : MotoGP)

KabarOto.com – Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo layangkan protes karena tidak mendapatkan penejelasan dari Stewards usai insiden di MotoGP Spanyol 2023, Minggu kemarin (30/04).

Saat menjalani GP Spanyol akhir pekan lalu, Quartararo terlibat tabrakan dengan Miguel Oliveira (CryptoDATA RNF) di lap kedua tikungan kedua. Insiden tersebut membuat red flag berkibar, sementara Miguel langsung dibawa ke pusat medis dan diagnosis mengalami dislokasi bahu.

Baca juga: Klasemen MotoGP 2023: Francesco Bagnaia Kembali Ke Puncak

Setelah itu balapan kembali berjalan dengan sisa 24 lap. Tetapi, Quartararo mendapatkan hukuman Long Lap Penalty yang membuat dirinya tidak terima karena tidak menerima alasan yang jelas dari pihak Stewards.

Detik-detik kecelakaan antara Fabio Quartararo dan Miguel Oliveira

“Saya terkejut dan tidak mengetahui alasannya. Manajer saya pun pergi ke Race Direction (RD) untuk meminta penjelasan, tetapi tidak ada penjelasan yang jelas. Pertama saya pikir bahwa mereka dalam keadaan tertekan dalam situasi ini dan terburu-buru dalam mengambil keputusan,” ungkap Fabio Quartararo.

Baca juga: Usai MotoGP Spanyol 2023, Miguel Oliveira Alami Cedera

Usai kejadian tersebut, pihak Stewards MotoGP menjadi topik sejak pembuka musim usai tabrakan Marc Marquez (Repsol Honda) dan Miguel. Sementara itu, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) juga mendapatkan perintah untuk turun satu posisi karena dianggap melakukan manuver bahaya saat menyalip Jack Miller (Red Bull KTM). Setelah MotoGP Spanyol, pembalap bernomor 20 itu pun menjelaskan kronologi kejadian.

“Saya tidak bisa menghindari kecelakaan ini. Bezzecchi berada di depan, saya berada di tengah dan saya tidak punya pilihan lain. Saya hanya bisa mencoba mengerem dan berhenti, tetapi saya menabrak. Saya tidak tahu siapa yang lebih dulu, tetapi motor Miguel menyenggol kopling saya dan saya menabrak motor Bezzechi,” tutup Quartararo.