POPULAR STORIES

Fakta Menarik Di Balik Podium Ganda Suzuki Di MotoGP Aragon

Fakta Menarik di Balik Podium Ganda Suzuki di MotoGP Aragon

KabarOto.com – Tim Suzuki Ecstar MotoGP mencatatkan podium ganda pada Aragon GP, Spanyol (17-18 Oktober 2020). Prestasi tersebut merupakan yang kedua kalinya pada musim MotoGP 2020.

Dua pembalap Suzuki, yakni Alex Rins dan Joan Mir berhasil finis di posisi pertama dan ketiga. Sebelumnya, kedua pembalap ini sangat percaya diri mendapatkan kecepatan yang menjanjikan dengan Suzuki GSX-RR.

Alex Rins yang start kesepuluh, langsung merangsek ke posisi 3 pada lap ketiga. Kemudian dia menundukkan kepalanya dan mengatur putaran tercepat dalam balapan, mengejar posisi kedua dan mengambilnya dengan tegas saat lap 6.

Pada lap ke 9, Rins berhasil mengambil alih posisi pertama dari tangan Alex Marquez dan mampu mempertahankan posisinya hingga akhir balapan.

Baca Juga : Ini Dia, Motor Yamaha Khusus Penanganan Covid-19

Kemenangan ini menjadi hadiah besar di balapan kandangnya setelah awal yang sulit di 2020, dan yang pertama untuk Suzuki tahun ini. Alex Rins sekarang berada pada jarak 36 poin dari puncak klasemen kejuaraan, yang notabene dipegang oleh rekan setimnya, Joan Mir.

Sementara itu, Joan Mir yang berada di posisi kelima pada lap ketiga, dia mulai mengikuti kecepatan balapan metronomik yang dia tunjukkan sepanjang tahun. Dia mecetak waktu tercepatnya pada lap 4, pada lap kedelapan ia melewati kedua pebalap di depannya dalam satu aksi gerakan untuk loncat menempati posisi ketiga.

Baca Juga : McLaren MP4/4, Pemegang Rekor Paling Dominan Selama Satu Musim

Hal ini secara krusial menempatkannya sebagai pimpinan klasemen menjelang balapan minggu depan, yang juga diadakan di Sirkuit Aragon.

Dengan kemenangan fantastis tersebut, Suzuki berhasil mencatatkan beberapa peristiwa bersejarah baru di musim 2020 ini. Pertama mengambil alih posisi kepemimpinan di kategori kejuaraan tim. Kedua, Kemenangan Alex Rins sekaligus menjadi rekor baru yang tercipta sebagai pebalap non-juara dunia yang berhasil memenangkan Aragon GP, sejak terakhir kali terjadi di musim balap 1999.

Sedangkan bagi Joan Mir, prestasinya sebagai pemimpin klasemen mengulang sejarah prestasi Suzuki 20 tahun lalu saat Kenny Robert Jr. menjadi pebalap Suzuki.