POPULAR STORIES

FDR Day 2023 Cetak Rekor Muri, Menggelindingkan Ban Motor Sejauh 10 Km

FDR Day 2023 Cetak Rekor Muri, Menggelindingkan Ban Motor Sejauh 10 Km Komunitas motor keliling kota Bandung, sambut FDR Day 2023 (Foto Ilustrasi: FDR)

KabarOto.com - FDR Day yang berlangsung di Saparua Park, Bandung, Minggu, 17 September 2023. Kegiatan ini sekaligus mencetak rekor, dan mendapatkan penghargaan Musium Rekor Indonesia (Muri), karena berhasil menggelindingkan ban motor FDR sejauh 10 km.

Pencetakan rekor ini dilakukan dengan rute The Saparua melewati Jalan Asia-Afrika, Alun-alun Kota Bandung, dan Gedung Sate, sebelum berakhir di GOR Saparua.
FDR Day tahun ini, dipadati 100 pengendara motor dari 100 komunitas. Diisi dengan kegiatan touring mengelilingi kota Kembang.

Baca Juga: Pentingnya Engine Flush Agar Mesin Lebih Bersih

"Karena FDR Day diadakan menjelang HUT Kota Bandung, maka kali ini kita mengusung tema Jabar Juara, FDR Jawara," kata Direktur PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) Zandhy Utama.

Pemberian piagam dari MURI ke FDR (Foto: FDR)

Kegiatan yang mencetak rekor ini, mengingatkan kembali saat masa anak-anak, aktif bergerak saat mereka main baldoban (Balap Dorong Ban). "Kita semua termasuk Sobat FDR yang dewasa ini, untuk terus menjalani gaya hidup aktif," terang Presiden Direktur PT SRI Adiyono Eko Parwanto.

Untuk memecahkan rekor MURI ini, FDR melakukan modifikasi seperti tongkat dibuat tersambung ke pelek ban agar lebih mudah diarahkan saat berlari. Pemecahan rekor dilakukan pelari perwakilan Bandung dari RIOT Indonesia, salah satu komunitas lari yang tersebar di 15 kota besar di Indonesia.

Cara kerjanya, pelari menggelindingkan ban FDR tipe Sport Zevo ukuran 90/80 R14 dengan diiringi pelari lainnya, termasuk perwakilan dari PT SRI, serta pemenang lomba marathon Home Tournament PT SRI.

Kegiatan tahunan ini, peserta juga memberikan bantuan kepada paguyuban UMKM Saparua Park. Ada 10 set meja dan bangku lipat, untuk memudahkan para pelaku UMKM untuk berjualan.

"Kami lihat UMKM yang berjualan di area ini menjaga kebersihan, sehingga ingin berikan bantuan berupa meja dan bangku, agar pembeli nyaman, dan harapannya usaha para mereka ramai," terang Zandhy.

Baca Juga: FDR Perkenalkan Ban Velogrip Dan Aplikasi Ke Komunitas Motor Tangerang

FDR juga bekerja sama dengan PMI setempat untuk para pengunjung FDR Day yang ingin donor darah. Kemudian, ada juga kegiatan safety riding yang didukung instruktur yang sudah tersertifikasi.