POPULAR STORIES

Pentingnya Engine Flush Agar Mesin Lebih Bersih

Pentingnya Engine Flush Agar Mesin Lebih Bersih Ilustrasi penggunaan alat engine flush.

KabarOto.com - Mesin mobil jadi hal paling wajib untuk dirawat dari seluruh komponen, rutin ganti oli mesin dan filternya pun harus dilakukan dalam jangka waktu tertentu, supaya internal mesin terjaga.

Namun walau sudah dijaga, kotoran seperti lumpur atau sisa-sisa pembakaran pastinya akan tertinggal di dalam mesin yang tidak ikut terbuang saat mengganti oli. Oleh karenanya dibutuhkan engine flush agar mesin lebih bersih.

Alat khusus yang digunakan untuk mengganti oli.

"Engine flush bisa pakai obat atau cairan yang berada di pasaran, tapi pilih yang bagus dan terpercaya, itu gunakan setiap ganti oli saja sebenarnya sudah cukup untuk jaga internal bersih," ujar salah satu mekanik dari bengkel Fast n Frugal.

Baca Juga : Ini Beragam Model Wiper Wealthy

Namun untuk mobil yang jarak tempuhnya sudah cukup jauh, dan memang jarang melakukan engine flush atau bahkan tidak pernah, bisa gunakan alat khusus ini supaya hasilnya lebih maksimal sampai ke celah mesin terkecil.

Penggantian filter oli juga sama pentingnya.

Baca Juga : Bengkel Fast N Frugal Solusi Mudah Perawatan Mobil

Alat untuk engine flush ini bisa digunakan untuk kilometer mobil 20.000 km ke atas. Cara kerjanya mesin tersebut akan mensirkulasi ke dalam ruang bakar, nantinya juga dimasukkan cairan engine flush, alat akan mensirkulasi terus menerus selama 20 menit. Sehingga kerak membandel akan keluar semua. Setelah itu baru dimasukkan oli baru saat kondisi ruang bakar bersih.