Federal Mobil Lubricants Dukung Pemerintah untuk Standar Emisi Euro 4

Bimo Hariyadi
Bimo Hariyadi 10 May 2018 - 09:22
Federal Mobil Lubricants Dukung Pemerintah untuk Standar Emisi Euro 4
Federal Mobil Lubricants mendukung rencana pemerintah untuk memperkecil kadar emisi gas buang.

KabarOto.com - Federal Mobil Lubricants mendukung rencana pemerintah untuk memperkecil kadar emisi gas buang untuk lingkungan hidup di Indonesia yang lebih baik dengan memberlakukan standar emisi Euro 4.

Di awal 1990 EU mengeluarkan peraturan yang mewajibkan penggunaan katalis untuk mobil bensin, sering disebut standar Euro 1. Ini bertujuan untuk memperkecil kadar bahan pencemar yang dihasilkan kendaraan bermotor. Lalu secara bertahap EU memperketat peraturan menjadi standar Euro 2 (1996), Euro 3 (2000), Euro 4 (2005), Euro 5 (2009), dan Euro 6 (2014).

Baca Juga: Cara Federal Oil Hadapi Ketatnya Kompetisi di Pasar Dalam Negeri

Pesatnya pertumbuhan kendaraan bermotor berakibat meningkatnya penggunaan bahan bakar minyak di sektor transportasi. Akibatnya, emisi gas buang yang mengandung polutan juga naik dan berdampak meningkatnya kadar pencemaran udara.

Saat negara lain seperti Eropa sudah menggunakan standar Euro 6 untuk mengurangi pencemaran udara, Indonesia masih menggunakan Euro2. Parahnya lagi, Jakarta sebagai Ibu Kota Negara menjadi nomor 2 kota dengan polusi tertinggi.

Federal Mobil Lubricants mengadakan gerakan penanaman pohon di area pabrik PT Federal Karyatama di Cilegon.

Berdasarkan Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 141/2003 tentang Ambang Batas Emisi Gas buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru sejak 2007. Melalui Keputusan Menteri tersebut pemerintah Indonesia, memutuskan untuk segera memberlakukan standar emisi Euro 4 dan industri kendaraan di Indonesia menyatakan siap memenuhi aturan tersebut.

Baca Juga: Kenapa Harus Ganti Oli Tanggal 8? Ini Jawaban Federal Oil

Federal Mobil Lubricants melalui pelumasnya sudah mendukung peraturan pemerintah untuk segera memberlakukan standar emisi Euro 4 pada kendaraan bermotor.

“Kami PT Federal Karyatama telah menerapkan inovasi formulasi guna mendukung peraturan pemerintah terhadap standar Euro 4 tersebut pada produk oli kendaraan roda empat unggulan kami," jelas Patrick Adhiatmadja, President Director MPM Lubricants di pabrik PT Federal Karyatama di Cilegon, Rabu (9/5).

Bentuk dukungan lain Federal Mobil Lubricants terhadap pemerintah diantaranya mengadakan gerakan penanaman pohon di area pabrik PT Federal Karyatama di Cilegon. Sejak awal dirancang, pabrik kami sudah memiliki konsep eco-friendly dengan sistem pembuangan limbah yang sesuai dengan peraturan pemerintah.

Editor : bimo