POPULAR STORIES

Federal Oil Yakin Bisnis Pelumas Mesin Bisa Bertahan Di Tengah Gempuran Kendaraan Listrik

Federal Oil Yakin Bisnis Pelumas Mesin Bisa Bertahan di Tengah Gempuran Kendaraan Listrik Pelumas Federal Racing Matic (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Industri otomotif di dunia, termasuk Indonesia tengah banyak kedatangan kendaraan listrik. Di mana, baik mobil dan sepeda motor listrik tidak menggunakan bensin dan pelumas mesin.

Berkurangnya penggunaan pelumas dipercaya akan berpengaruh pada bisnis oli mesin di Indonesia khususnya.

Menurut Sri Adinegara, Market Development Director ExxonMobil Lubricants Indonesia (Federal Oil) mengungkapkan bahwa permintaan motor listrik akan terus bertambah.

"Kami mengantisipasi hal ini. Jika penjualan motor listrik mengalahkan motor bensin, Federal Oil akan mulai beradaptasi. Saat ini sudah mulai, tapi belum dominan," jelas Sri Adinegara kepada Kabaroto, Selasa (30/8).

Baca Juga : Federal Oil Apresiasi Bengkel Rekanan Dengan Pelayanan Dan Penjualan Terbaik

Menurutnya, bisnis pelumas di Indonesia masih akan terus berkembang, karena konsumen masih membutuhkan motor bensin. Motor listrik belum menjadi kendaraan utama.

Soal transisi bisnis pelumas di Indonesia, analoginya seperti perubahan jenis sepeda motor yang digemari di Indonesia. Awalnya itu ada motor manual kemudian bergeser ke skutik. Transisi tersebut membutuhkan waktu sekitar 10 tahun.

Peluncuran produk Federal Racing Matic

Melansir data data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), wholesales roda dua pada periode Januari- Juli 2022 mencapai 2.573.079 unit. Di mana, skutik menguasai 86,99 persen, bebek 7,43 persen dan sport 5,58 persen.

"Dari data tersebut terlihat penjualan sepeda motor dikuasai skutik sebanyak 90 persen. Dan itu membutuhkan waktu sekitar 10 tahun," ungkap Sri Adinegara.

Baca Juga : Resmi Diluncurkan, Federal Racing Matic Pelumas Khusus Skutik 150 Cc

Sedangkan, peralihan motor bensin ke motor listrik itu membutuhkan waktu yang lebih lama. "Waktunya masih satu dekade ke depan. Bisnis pelumas masih menjanjikan," tamba Sri Adinegara.

Sebagai informasi, PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) menghadirkan lini produk baru, yakni Federal Racing Matic. Di mana, produk terbaru ini diperuntukan untuk skutik 150 cc hingga 250 cc.

Federal Racing Matic merupakan produk pelumas rekomendasi ahli yang diformulasikan khusus untuk motor matic premium yang memiliki performa tinggi, dan telah memenuhi standar industri terbaru, yaitu JASO MB dan API SL, serta API SN.

Memiliki ukuran kemasan 1 liter dan didukung spesifikasi Full Synthetic dengan kekentalan SAE 10W-40, Federal Racing Matic juga dilengkapi dengan 5 kombinasi teknologi mulai dari Viscoelastic Molecule, Advance Active moly, Active Cleansing Molecule, Wear Proctection Technology, dan Heat Protection Formulation.