POPULAR STORIES

Ferrari KC23 Gunakan Platform 488 GT3, Tonjolkan Desain Ekstrem

Ferrari KC23 Gunakan Platform 488 GT3, Tonjolkan Desain Ekstrem Foto: Ferrari

KabarOto.com - Ferrari meluncurkan tambahan terbaru untuk seri One-Off-nya, Ferrari KC23. Yang terbaru dalam program Proyek Khusus, dipesan oleh salah satu kolektor terkemuka Kuda Jingkrak. KC23 one-off adalah visi yang berani dan ekstrem tentang seperti apa balap roda tertutup di masa depan, dengan menggunakan platform dari Ferrari 488 GT3 Evo 2020.

Menampilkan prestasi luar biasa dalam memancarkan keanggunan saat berhenti dan menggetarkan penonton saat bergerak, berkat solusi aerodinamis yang inovatif, seperti ventilasi masuk udara bermotor dan sayap belakang yang mengesankan.

Dirancang oleh Ferrari Styling Center yang dipimpin oleh Flavio Manzoni, KC23 didasarkan pada platform 488 GT3 Evo 2020 yang mewarisi tata letak, sasis, dan mesinnya. Basis untuk proyek ini memang sangat istimewa, 488 GT3 telah balapan sejak 2016 dan hingga saat ini, telah menang dalam balapan ketahanan paling bergengsi di dunia, mengumpulkan lebih dari 530 kemenangan dan memenangkan lebih dari 119 kejuaraan, menjadikannya yang paling sukses sebagai mobil balap Ferrari dalam sejarah.

Baca juga: Kemenangan Ferrari Di Le Mans 24 Jam 2023 Patahkan Dominasi Toyota

Mengingat sifat ekstrim dari mesin, sasis, dan pengaturan suspensi, Ferrari KC23 dirancang khusus untuk penggunaan trek non-kompetitif. Fiturnya yang paling tidak biasa adalah konfigurasi gandanya. Saat berhenti, tata letak mobil menampilkan bentuknya yang bersih, ramping, dan berliku-liku, tetapi begitu memasuki lintasan, posisi visualnya didominasi oleh intake udara yang mengesankan, yang terbuka secara otomatis, dan sayap belakangnya yang mengesankan.

Ferrari Styling Center berfokus untuk menciptakan mobil radikal yang benar-benar bebas dari kendala homologasi, dan mengenakan garis-garis abadi yang akan membuat klasik instan. Setiap lini 488 GT3 Evo 2020 didesain ulang, termasuk permukaan kaca dan kluster lampu.

Hasilnya, mobil tersebut memiliki keindahan yang monolitik, seolah-olah dipahat dari satu balok logam. Desainnya juga menyembunyikan beberapa fungsi teknis mobil, terutama intake udara samping, yang terbuka secara otomatis saat mesin turbo ganda V8 belakang dihidupkan.

Sayap belakang berukuran besar, membantu manuver saat melewati tikungan. Garis bodi yang radikal, mengejar kesain desain ikonik dan futuristis.

Dalam hal downforce dan pendinginan, para desainer bekerja keras untuk mempertahankan performa mobil donor meski KC23 memiliki siluet yang sama sekali berbeda. Panel dikembangkan dengan kinematika khusus yang aktif secara otomatis saat mesin dihidupkan: yang ada di belakang roda depan memperlihatkan pagar, yang meningkatkan downforce depan untuk menyeimbangkan mobil secara aerodinamis. Panel di bagian belakang menyediakan jumlah udara masuk yang tepat ke intercooler dan komponen tambahan, serta ke mesin.

Baca juga: Ferrari SF90 Dapat Livery Spesial Rayakan Kemenangan Le Mans

Pintu kupu-kupu Ferrari KC23 terbuka secara vertikal pada satu engsel depan, sebuah solusi arsitektur yang sama dengan supercar ikonik lainnya, LaFerrari. Tidak ada perubahan yang diperlukan pada rumah kaca atau mobil secara struktural untuk memasukkan fitur ini. Kap mesin clam-shell memiliki sistem bukaan yang sederhana, hanya dua pin yang perlu dilepas agar bagian depan dapat diperiksa dan pekerjaan pemeliharaan dapat dilakukan.

Baik lampu depan maupun lampu belakang telah didesain ulang, dengan perubahan paling radikal pada lampu belakang di mana bilah lampu metakrilat yang mencolok, terinspirasi oleh Ferrari Vision Gran Turismo, memancarkan kehidupan yang mempesona saat mesin dihidupkan.

Finishing metalik mereka menyatu dengan mulus untuk kontinuitas gaya maksimum, menciptakan hasil yang sangat futuristik.

Ciri khas lainnya adalah livery Gold Mercury dari Ferrari KC23, berkat cat aluminium empat lapis yang dikembangkan secara khusus. Logam cair pada cat memberikan kilau yang menakjubkan di bawah sinar matahari dan warna itu sendiri tampaknya terus berubah tergantung pada jenis dan sudut cahaya yang menerpa, memberikan efek yang luar biasa menawan.

Kabin telah dibuat semirip mungkin dengan 488 GT3 Evo 2020, dengan pengecualian panel pintu dan pelapis dasbor di sisi penumpang. Kursi khusus KC23, dipangkas dengan Alcantara dengan logo yang dilas elektro, memberikan keanggunan pada kabin yang selaras sempurna dengan eksteriornya. Visibilitas ke belakang dipastikan dengan sistem kamera video yang juga memiliki dampak menguntungkan pada aerodinamika mobil, karena spion sayap tradisional dapat dilepas dan garis sayap tidak ternoda.

Membutuhkan 3 tahun untuk merancang mobil pesanan yang dibuat sesuai spesifikasi klien, menjadikannya puncak dari strategi personalisasi Ferrari. Ini akan tampil pertama kali di depan umum di Goodwood Festival of Speed 2023, dan akan dipajang di Museum Ferrari di Maranello.