POPULAR STORIES

Ferrari Testa Rossa J, Mobil Mainan Seharga Rp 1,5 Miliar

Ferrari Testa Rossa J, Mobil Mainan Seharga Rp 1,5 Miliar

KabarOto.com - Jika jelang petang ingin sekadar keliling komplek perumahan dengan mobil, sepertinya lansiran Ferrari ini bisa menjadi pilihan. Tenang, Ferrari Testa Rossa J tak membuat ketenangan tetangga terganggu, karena gunakan sumber tenaga listrik.

Ferrari Testa Rossa J terinspirasi dari Ferrari 250 Testa Rossa yang merajai sirkuit tahun 1950-an dan 1960-an. Ada 18 kemenangan sepanjang sejarah dan tiga titel Kejuaraan Dunia 1958, 1960, dan 1961. Juga menjadi satu-satunya Ferrari yang menang 24 Hours of Le Mans sebanyak empat kali pada tahun 1958, 1960, 1961, dan 1962.

Baca juga: Ferrari Hybrid 296 GTB Versi Atap Terbuka Lakukan Uji Jalan



Mewujudkan Testa Rossa J, melibatkan The Little Car Company, produsen mobil mainan anak-anak. Ferrari Styling Centre di Maranello juga berembuk untuk membuat mobil terlihat proporsional. Sedangkan sasis dan komponen lainnya dibuat gunakan rencana desain asli yang masih disimpan oleh departemen Ferrari Classiche.

Memang tak sebesar versi orisinal Ferrari 250 Testa Rossa, dimensi Testa Rossa J hanya sebesar 75%. Jadi yang mengendarai anak yang sudah berusia 14 tahun ke atas. Dimensinya memiliki panjang 3.100 mm, lebar 1.100 mm dan tinggi 700 mm. Oh iya, tak disarankan untuk melajukannya di jalan raya.



Meski mobil menjadi susut, tapi Ferrari menjanjikan bahwa kemudi dan geometri sasis sangat otentik pengendaliannya seperti aslinya. Lingkar kemudi merupakan buatan Nardi, pemasok setir sejak model tahun 1957.

Detail lainnya di interior, Ferrari Styling Centre telah mendesain jok tunggal yang bisa mengakomodir orang dewasa dan juga anak-anak. Ada motif tepian piping di jok berbahan kulit kualitas terbaik.



Panel instrumen juga disajikan klasik yang telah didesain seperti aslinya, namun sudah disesuaikan untuk kebutuhan mobil listrik. Penunjuk sebelumnya untuk oli dan ketersediaan air radiator kini menampilkan baterai dan temperatur motor listrik.

Menyesuaikan jaman mobil kencang modern, pedal disajikan dari F8 Tributo serta ban dipasok dari Pirelli Cinturato. Pelek merupakan buatan khusus ukuran 12 inci seperti model asli Borrani. Suspensi merupakan rancangan Bilstein berikut pegasnya dan sudah teruji oleh tester Ferrari di sirkuit Fiorano di Maranello, Italia.

Baca juga: Karya Novitec Terbaru di Ferrari 812 GTS, Hanya 8 Unit!



Perihal performa Testa Rossa J, disokong oleh tiga baterai yang tiap baterainya bisa menempuh 30 km sehingga total tempuh 90 km. Ada empat mode berkendara yakni Novice melepas tenaga setara 1 kW melaju 20 kpj. Comfort berkekuatan 4 kW bisa melaju 45 kpj. Adapun untuk mode Sport dan Race bisa melesat hingga 60 kpj.



Hanya ada 299 unit tersedia untuk para sultan di seluruh belahan benua. Harganya € 93.000 atau setara Rp 1,56 miliar. Peminat bisa melakukan kustomisasi Ferrari Testa Rossa J, ada 14 pilihan livery dan 53 warna pilihan serta selera sendiri bertema balap dengan tetap bergaya Ferrari.

Berita Terkait

Berita Terkait