POPULAR STORIES

FIA Setuju Andretti Jadi Tim Ke-11 Formula 1

FIA Setuju Andretti Jadi Tim Ke-11 Formula 1 Foto : Andretti Motorsport.

KabarOto.com - FIA telah memberikan lampu hijau kepada calon tim baru di F1, Andretti Formula Racing untuk bergabung pada musim regulasi baru mendatang.

Setelah berbulan-bulan analisis oleh FIA, pernyataan minat untuk bergabung dengan F1 paling cepat pada tahun 2025, badan pengelola akhirnya mengumumkan hasil dari pertimbangan selama berbulan-bulan itu. Andretti menjadi satu-satunya tim dicalonkan pada seleksi tahap ketiga, dan terakhir yang melibatkan pemegang hak komersial F1.

Andretti sekarang perlu mencapai kesepakatan komersial dengan Formula One Management (FOM), dan 10 tim lainnya yang seperti kita tahu hampir senua tim menolak adanya tim tambahan lagi.

Baca Juga : Mick Schumacher Kendarai Mercedes-Benz 190E Evo II Di Jepang, Begini Sejarahnya

Proses pemilihan tim dilakukan sangat teliti, itulah sebabnya analisis membutuhkan waktu lama sejak proses dibuka pada bulan Februari. Untuk menghindari adanya kejadian tim yang berhenti di pertengahan musim seperti kejadian Manor Racing pada 2016.

Baca Juga : Intip Uniknya Trofi F1 Jepang 2023, Bisa Nyala Saat Dicium

“FIA sangat jelas dalam menetapkan kriteria ketat untuk masuk sejak awal prosedur Pernyataan Kepentingan. Tujuan kami setelah uji tuntas ketat selama tahap pendaftaran, adalah untuk hanya menyetujui calon peserta yang memenuhi kriteria ditetapkan dan menggambarkan bahwa mereka akan memberi nilai tambah pada olahraga ini," ujar Presiden FIA, Mohammed Ben Sulayem.