POPULAR STORIES

FIA Siapkan Aturan Teknis Mengatur Porpoising

FIA Siapkan Aturan Teknis Mengatur Porpoising Dok : F1

KabarOto.com - Setelah Grand Prix Azerbaijan kemarin, akhirnya FIA telah mengumumkan rencana untuk mengendalikan fenomena porpoising yang jadi momok di musim 2022 ini.

FIA akan mengeluarkan petunjuk teknis kepada seluruh tim untuk memberikan panduan langkah-langkah yang akan mereka ambil demi mengatasi masalah tersebut.

Baca juga: F1 Perpanjang Kontrak Sirkuit Melbourne Di Australia Hingga 2035

Setelah berkonsultasi dengan pakarnya, “Dalam olahraga di mana para persertanya mengemudi dengan kecepatan lebih dari 300 kpj, dianggap bahwa konsentrasi penuh sangat diperlukan, dan kelelahan atau rasa sakit berlebihan yang dialami oleh pengemudi dapat mengakibatkan hilangnya konsentrasi,” jelas pernyataan FIA tersebut.

FIA juga memiliki kekhawatiran dengan dampak fisik langsung pada kesehatan pengemudi, beberapa di antaranya telah melaporkan sakit punggung setelah kejadian baru-baru ini. Bahkan Lewis Hamilton (Mercedes-AMG Petronas) kesulitan keluar dari mobil usai GP Azerbaijan minggu lalu.

Baca juga: Pirelli Tentukan Jenis Kompon Ban Untuk F1 Kanada

Ada dua solusi yang ditawarkan FIA sementara waktu. Pertama adalah pengawasan di bagian plank atau skid block di bawah mobil, bagaimana desain dan ketahanannya dalam menghadapi porspoising.

Kedua, FIA akan memeriksa seberapa parahnya pantulan mobil, setelah itu mereka bakal membatasi frekuensi pantulan. Apabila pantulan dirasa tidak aman, maka mobil akan didiskualifikasi. Nah solusinya bagi tim mengatasi hal tersebut adalah menaikkan dan mengatur ulang suspensi, meski itu dinilai mengkorbankan performa mobil.

Berita Terkait

Berita Terkait