POPULAR STORIES

Fiat Chrysler Dan Peugeot Sepakat Merger Dengan Nama Stellantis

Fiat Chrysler dan Peugeot Sepakat Merger dengan Nama Stellantis

hKabarOto.com – Fiat Chrysler Automobile NV dan Peugeot SA (PSA Group) sepakat menjalin kerjasama dengan nama Stellantis. Merger ini akan aktif pada kuartal pertama tahun depan.

Kesepakatan tersebut telah disetujui oleh Uni Eropa dan keduanya sudah mendapatkan restu dari pemegang obligasi PSA pada 28 Oktober 2020. Selain itu, Peugeot S.A telah mendapatkan otorisasi dari bank untuk melakukan merger untuk kedua Fasilitas Kredit Bergulir cadangan sebesar 3 miliar euro.

Merger yang diharapkan mulai pada akhir kuartal pertama 2021 harus tunduk pada ketentuan berlaku, termasuk persetujuan dari pemegang saham kedua perusahaan pada Rapat Umum Luar Biasa dan persyaratan lainnya.

Baca Juga : Pemerintah Targetkan Produksi Mobil Listrik Mencapai 400 Ribu Unit

Logo Stellantis pun sudah dipersiapkan. Sebagai identitas perusahaan, logo ini melambangkan warisan yang kaya dari perusahaan pendiri Stellantis dan gabungan kekuatan unik dari portofolio grup baru yang terdiri dari 14 merek otomotif bertingkat, serta keragaman latar belakang profesional dari para karyawannya yang bekerja di semua wilayah.

Dengan nilai grup baru sebesar 38 miliar dolar, merek baru ini menargetkan mampu menembus nomor 4 dunia untuk perusahaan otomotif.

Sesuai kesepakatan, sebelum merger PSA harus sudah melepas sebagian saham di Faurecia, sebuah perusahaan yang mengembangkan mobil hidrogen. Kemudian pada September lalu, PSA mengumumkan telah menjual 9,663 juta saham Faurecia atau mewakili 7 persen dari modal saham Feurecia.

Dari transaksi itu, PSA mendapatkan 308 juta euro yang sesuai kesepakatan akan dibagikan kepada pemegang saham Stellantis berikut sisa saham sebanyak 39% di Faurencia, sebagaimana telah diumumkan pada 14 September 2020.