POPULAR STORIES

Finish Balancing, Jadi Obat Manjur Ketika Ban Terasa Getar

Finish Balancing, jadi Obat Manjur Ketika Ban Terasa Getar

KabarOto.com – Terkadang kita merasakan getar pada mobil saat kecepatan tinggi. Hal tersebut biasanya dialami karena ban dan pelek tidak balance atau seimbang oleh karena itu menyebabkan setir terasa bergetar.

Apabila mobil sudah di-balancing tapi tetap getar solusinya mungkin harus finish balancing. Lalu apa sih bedanya finish balancing dengan balancing biasanya?

Baca juga: Pentingnya Wheel Alignment Agar Kaki-kaki dan Ban Tetap Terjaga

“Mudahnya, finish balancing itu adalah balancing menggunakan kecepatan tinggi, kalau balancing biasa kan kecepatan tidak terlalu tinggi. Jadi lebih mensimulasikan ketika mobil berjalan, kecepatannya pun 100 kpj lebih,” jelas Adrian Yonas selaku punggawa Go AutoFit.

Adrian menambahkan jika tolak ukurnya sendiri bukan hanya ban dan pelek. Jadi perbedaannya, finish balancing itu tidak hanya mengukur pelek dan ban, melainkan yang berputar di roda. Termasuk bearing, baut roda, dan sebagainya, sehingga lebih pasti menghilangkan getar.

Namun ada ketentuan yang perlu diperhatikan nih sebelum melakukan finish balance. “Sebelum melakukan finish balance pastikan pelek tidak peang, menggunakan centering apabila sudah mengganti pelek racing. Lalu bearing sehat, baut juga harus sama semuanya. Maksudnya biasa ada baut yang beda satu bila pakai baut racing, itu tidak bisa.” paparnya.

Selain itu, pastikan ban dalam kondisi bagus. Sebab kondisi fisik ban sangat berpengaruh, apabila ban ada cacat seperti bergelombang, itu dapat diminimalisir dengan finish balance namun tidak menyembuhkan secara total gejala getarnya.

Baca juga: Kapan Saatnya Lakukan Wheel Alignment?

Untuk jasa finish balancing ini pun cukup terjangkau. Sebagai gambaran pelek ukuran 12 hingga 14 inci itu Rp 60 ribu, selama ban bukan tipe A/T atau M/T. Lalu 15 – 16 inci Rp 75 ribu, 17 – 18 inci Rp 105 ribu, dan seterusnya. Catatan, harga tersebut untuk per roda, bukan empat roda.

Prosesnya pun lebih lama ketimbang balancing biasanya. Sebagai perbandingan, bila balancing biasanya hanya memakan waktu sekitar 15 menit, untuk finish balancing sekitar 1,5 jam.