Pentingnya Wheel Alignment Agar Kaki-kaki Dan Ban Tetap Terjaga

Pentingnya Wheel Alignment Agar Kaki-kaki dan Ban Tetap Terjaga

KabarOto.com - Merawat mobil harus dilakukan, agar kondisinya tetap terjaga dan selalu fit saat digunakan. Selain mesin, kaki-kaki menjadi bagian yang tak kalah penting. Sebab, bagian ini menjadi penopang kendaraan.

Salah satu bagian kaki mobil adalah roda. Roda menjadi salah satu elemen penting untuk menggerakkan kendaraan. Roda juga komponen selalu memerlukan pengaturan khusus agar bisa menapak dengan sempurna di permukaan jalan. Kondisi ban sewaktu-waktu akan berubah, saat mobil semakin sering digunakan.

Baca Juga: Ini Biaya Modifikasi Penggerak Roda Honda Civic Ferio Jadi AWD

Apakah Wheel alignment atau bahasa awamnya disebut spooring balancing penting dilakukan secara rutin? On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal menjelaskan, rutinitas tersebut sangat penting.

Sebab, berpengaruh sekali untuk masa pakai ban (kendaraan). "Dengan wheel alignment pengguna dapat kenyamanan, keselamatan, menghemat pengeluaran biaya untuk pembelian ban dan sebagainya.

Wheel alignment atau kelurusan roda menurut Zul gunanya adalah agar kendaraan enak dikendarai, tidak cenderung narik ke kiri atau kanan. "Tidak terasa liar setirnya atau terlalu berat setirnya," terangnya, beberapa waktu lalu.

Sementara itu roda juga butuh diseimbangkan, agar tidak terjadi vibrasi pada kendaraan, sehingga pengendara bisa nyaman menggunakannya.

"Pemeriksaan roda dan kaki-kaki ditambah rotasi ban akan membuat umur pemakaian ban jadi lebih panjang," terangnya lagi.

Baca Juga: Berapa Pajak Tahunan Motor Listrik Roda Tiga

Karena,menurut dia, keausan ban bisa dijaga dengan baik. Gejala-gejala mobil yang diharuskan melakukan wheel alignment yang mudah terlihat adalah tidak presisinya seluruh ban saat dilihat dalam kondisi diam.