Ini Biaya Modifikasi Penggerak Roda Honda Civic Ferio Jadi AWD

Ini Biaya Modifikasi Penggerak Roda Honda Civic Ferio jadi AWD

KabarOto.com – Beberapa waktu lalu, dunia modifikasi dihebohkan dengan hasil karya anak bangsa yang meng-convert sebuah Honda Civic Ferio dengan penggerak roda All Wheel Drive (AWD) atau empat roda. Seperti kita tahu, sejatinya Ferio merupakan mobil penggerak roda depan.

Namun ditangan Haviedz Pahlevie selaku owner dari bengkel Supernova, sekaligus pemilik mobil, bukan hal tabu menjadikan Ferio berpenggerak AWD.

Baca juga: Ini Honda Civic Ferio AWD Pertama Di Asia Tenggara

Untuk inspirasinya, Haviedz menjelaskan mendapat referensi dari Honda di Amerika Serikat, “Kebetulan memang di Amerika Serikat sedang musim Honda dimodifikasi jadi penggerak AWD seperti ini, oleh karena itu saya ikutan,” jelasnya.

Serta menjadikan sebuah Ferio, Genio atau Estilo jadi AWD, kalian dapat menggunakan gardan dan kopel copotan dari CR-V atau Civic Wagon. “Di Indonesia ada beberapa Honda Estilo, Genio yang sudah AWD, tapi saya punya beda, karena saya bukan pakai AWD copotan dari CR-V. Jadi bukan asal AWD, tapi memang dipasang untuk proper buat balap,” ujar pria ramah itu.

Lalu apa bedanya AWD untuk CR-V dan Civic Wagon? Jawabannya ada di material pembuatan. “Di luar sana sudah dicoba juga, untuk Civic Wagon lebih kuat, karena material badan terbuat dari besi. Sementara CR-V dari aluminium,” jelasnya.

Baca juga: Honda Civic Estilo 4WD Ini Punya Target 800 Dk Untuk 'Main' Di Kelas FFA

Untuk sekadar pemakaian harian, AWD dari CR-V dirasa sudah cukup kuat. Namun apabila diperuntukkan penggunaan balap drag, memang harus pakai Civic Wagon.

Soal mesin tersedia untuk modifikasi AWD sejauh ini ada D series, B series, dan K series. Tapi harus disesuaikan dengan transmisi yang tersedia. Lalu berapa budgetnya? Mungkin cukup mengejutkan, setidaknya kalian perlu siapkan budget mulai dari Rp 200 juta, itu hanya transmisi hingga kaki-kaki, belum termasuk mesin.