POPULAR STORIES

Berapa Pajak Tahunan Motor Listrik Roda Tiga

Berapa Pajak Tahunan Motor Listrik Roda Tiga Gerobak listrik yang sudah menggunakan pelat nomor khusus kendaraan listrik

KabarOto.com - Dalam rangka menarik minat masyarakat Indonesia untuk menggunakan kendaraan listrik, Pemerintah DKI Jakarta membebaskan Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) transportasi jalan.

Keringanan pajak ini diberikan bukan hanya untuk kendaraan roda dua dan roda empat, tapi juga berlaku untuk BBN-KB untuk kendaraan roda tiga berbasis listrik.

Kendaraan roda tiga ini biasanya digunakan untuk pelaku usaha mengangkut barang, atau menjajakan dagangannya ke konsumen. Salah satu merek kendaraan yang mendapatkan insentif adalah Gerobak Listrik (Gelis).

Baca Juga: Selain Garansi, GELIS Gerobak Listrik Diklaim Punya Suku Cadang Dan Diler Komplet

STNK

Untuk memastikannya, KabarOto pun berkesempatan mengunjungi PT Harapan Bangsa Kita (Hebat) pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Mereka sudah menggunakan kendaraan ini untuk operasional di wilayah Pluit, Jakarta Utara. Di dalam Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), terlihat tidak dikenakan BBN-KB. Pajak di tahun pertamanya hanya Rp 276.000.

Chief Marketing Officer PT Solar Panel Indonesia (Gelis), Ary Tjahyono selaku Agen pemegang Merek (APM) Gelis mengatakan, motor-motor roda tiga yang dijual oleh mereka merupakan kendaraan listrik roda tiga pertama yang sudah dilengkapi dengan pelat nomor dan surat-surat. Termasuk pelat nomor yang ada tanda biru di bagian bawahnya.

"Kami dapatkan setelah mendapatkan SUT dari Perhubungan Darat," terangnya.

Baca Juga: Sudah Diproduksi 350 Unit, Gerobak Listrik Dilirik UMKM

Dia menambahkan, Gelis digerakkan 100 persen oleh tenaga listrik. Menggunakan kombinasi motor dengan daya 800 watt yang tenaganya disuplai dari baterai tipe VRLA 48v-26AH atau Lithium-Ion.

Gelis yang digunakan oleh Hebat ini dapat menempuh jarak hingga 30-40 kilometer, dengan kecepatan maksimal 30 meter per jam. Pengisian baterai hingga full hanya memakan waktu 4 jam. Motor ini dibanderol Rp20 Juta.