POPULAR STORIES

Sudah Diproduksi 350 Unit, Gerobak Listrik Dilirik UMKM

Sudah Diproduksi 350 Unit, Gerobak Listrik Dilirik UMKM Gerobak Listrik

KabarOto.com - Masyarakat Indonesia saat ini sudah banyak yang mulai menggunakan kendaraan listrik. Selain untuk mendukung aktivitas sehari-hari, kendaraan listrik juga digunakan untuk menjalankan bisnis. Beberapa pabrikan lokal sudah mulai membuat kendaraan listrik yang ditujukan untuk pekaku usaha kecil dan menengah. Harganya yang terjangkau, biaya perawatan setiap bulan seperti kendaraan konvensional juga nyaris tidak ada.

Hal itu yang dilakukan oleh PT Solar Panel Indonesia. Mereka membuat Gerobak listrik (Gelis) yang diproduksi secara lokal. Gelis merupakan sepeda motor roda tiga yang diubah menjadi gerobak dan cocok digunakan untuk UMKM di Indonesia yang mengembangkan bisnisnya.

Baca Juga: Incar UMKM, GELIS Gerobak Listrik Siap Dipasarkan Rp20 Jutaan

Gelis Light Metal

Chief Marketing Officer PT Solar Panel Indonesia (Gelis), Ary Tjahyono mengatakan, ide mereka membuat Gelis ini, untuk membantu dan mengembangkan ekonomi kreatif, dalam hal ini UMKM. Beberapa UMKM menurut dia sudah mulai melirik kendaraan ini untuk mendukung usahanya.

Gelis 300 merupakan produk pertama yang ditawarkan oleh PT SPI. Motor ini memiliki beberapa varian, di antaranya Gelis Light Metal, Gelis Retro, dan Gelis dan Gelis Grab. Semua motor ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 20 jutaan.

Gelis diklaim aman dari debu dan percikan air

Kendaraan ramah lingkungan ini, dibekali dengan motor elektrik berdaya 800 Watt dengan suplai daya dari baterai tipe VRLA 48v-26AH, GELIS 300 mampu melaju hingga kecepatan maksimum 30 kpj dengan jarak tempuh rata-rata 30 km.

Butuh waktu 4 jam untuk melakukan pengecasan baterai sampai penuh. Baterai ditawarkan ke konsumen dengan dua jenis, litium (seperti motor listrik pada umumnya) dan baterai yang menggunakan tenaga surya. "Kami berikan dua pilihan untuk konsumen," terang Ary.

Motor ini memiliki berat bersih 300 kg dengan maksimal beban angkut 300 kg. Gelis menggunakan per daun untuk menopang beban, model per ini dianggap lebih kuat.

Modelnya terlihat modern

Untuk melindungi keamanan konsumen, Gelis sudah menggunakan standar nasional IP54. Angka 5 yang dimaksud motor listrik ini sudah tahan terhadap debu. Sementara itu, angka 4 tahan terhadap air.

"Kena percikan air hujan atau steam masih aman, asal jangan kerendam banjir," papar Ary kepada Kabaroto.com, Selasa kemarin (17/02). Jika terjadi, maka pengguna harus mematikan mesin dan membersihkannya.

PT SPI juga memberikan garansi sampai 5 tahun untuk masing-masing komponen. Baterai lithium garansi sampai 2 tahun, sementara baterai tenaga surya 1 tahun, motor listrik 1 tahun dan kontroler 2 tahun.

Baca Juga: Selain Garansi, GELIS Gerobak Listrik Diklaim Punya Suku Cadang Dan Diler Komplet

"Kalau untuk perawatan hampir free maintenance, kecuali penggantian kampas rem. Kalau motor listriknya tidak perlu dirawat," paparnya. Untuk memenuhi kebutuhan konsumennya, PT SPI sudah menghadirkan 10 diler di seluruh Indonesia, dilengkapi dengan bengkel resmi.

Ary di akhir perbincangan juga mengatakan, jika motor ini sudah diproduksi sebanayk 350 unit, dan sudah dipasarkan di Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Malang, Bali, Lombok dan Batam.