POPULAR STORIES

First Drive - 45 Menit Kendarai Toyota Yaris Cross GR Sport Hybrid

First Drive - 45 Menit Kendarai Toyota Yaris Cross GR Sport Hybrid 45 Menit Kendarai Toyota Yaris Cross GR Sport Hybrid, begini rasanya (Kipli)

KabarOto.com - Toyota resmi meluncurkan All-New Yaris Cross untuk pasar ASEAN, meski desainnya memang berbeda dengan versi global, namun ada versi hybrid seperti trim Yaris Cross GR Sport yang merupakan kasta teratas mobil tersebut.

Hal tersebut mengundang rasa penasaran KabarOto untuk melakukan eksplorasi sedikit lebih jauh, karena itu, saat undangan test drive singkat dari Toyota Astra Motor (TAM) masuk ke meja redaksi, tim langsung tancap gas ke lokasi BSD, Tangerang.

Memang, tak banyak yang terlalu bisa di eksplor dalam jangka waktu 45 menit yang disediakan TAM untuk tiap media. Namun, KabarOto sempat mencicipi berkendara singkat menggunakan mobil ini.

Yaris Cross sekilas mengingatkan pada varian terdahulu milik Toyota yakni Corolla Cross. Meski memiliki kemiripan, namun detail kedua mobil tersebut jauh berbeda.

Baca Juga: Modifikasi Toyota MR2 SW20 1993, Nyaman Dan Kencang

Ukuran dimensi Yaris Cross memiliki panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.615 mm dan sumbu roda 2.620 mm, serta jarak pijak 250 mm. Hal itu membuatnya lebih mirip dengan Toyota RAV4 yang belum lama juga diperkenalkan, namun ukurannya lebih kecil.

Hal yang mencolok adalah kombinasi lekukan bodi tegas dengan aksen plastik under guard, yang seakan menambah kesan sporty dari mobil ini cocok diajak berpetualang.

Penampilan tersebut didukung adanya roof rail, serta over fender berbahan plastik hitam. Peleknya model palang 5 ukuran 18 inci finishing dual tone, dibalut ban ukuran 215/55 berdiameter 18 inci. Rem sudah cakram baik depan dan belakang, serta suspensi model MacPherson di depan dan torsion beam di belakang.

Yaris Cross memiliki kabin dengan kesan mewah dengan fitur komplet yang didominasi material soft touch. Meski demikian, joknya sudah elektrik berbalut kulit, begitu juga setirnya yang dapat diatur tilt dan teleskopik, serta pengaturan seperti audio steering dan cruise control tinggal diatur lewat jempol.

Di bagian sisi kanan tombol untuk mengaktifkan atau non-aktifkan sensor parkir serta traction control, kemudian terdapat pengatur ketinggian arah lampu dan auto dimming.

Baca Juga: Bisa Tukar Tambah, Begini Skema Cicilan Dan Kredit Toyota Yaris Cross

Hal yang tak kalah penting dalam test drive singkat ini, adalah menjajal performa mesin berkode 2NR-VEX, 4 silinder, DOHC berkapasitas 1.500 cc.

Diklaim sanggup memproduksi tenaga 90 dk dan torsi 121 Nm, akselerasi terasa tidak terlalu agresif, cenderung mengingatkan pada saudara MPV-nya yakni Avanza dan Veloz, hanya saja kode 'X' pada mesinnya, berarti penggerak listriknya membantu efisiensi saat akselerasi dari kecepatan 0-20 kpj sebelum akhirnya diambil alih oleh mesin konvensionalnya.

Baterainya menggunakan tipe lithium ion dengan kapasita 4,3 Ah ditambah motor listrik yang klaimnya sanggup menghasilkan tenaga sebesar 79 dk dan torsi 141 Nm. Disambung ke transmisi CVT menggerakkan roda depan.

Mobil yang KabarOto tes ini juga punya fitur dashcam untuk unsur keselamatan dan kenyamanan pemilik, sedangkan fitur baru lainnya adalah kamera 4 titik yang berfungsi untuk membantu rasa percaya diri sang pengemudi saat bersama mobil ini.

Ingin tahu tes selengkapnya? Yuk, pantau terus KabarOto!