POPULAR STORIES

First Drive All New Daihatsu Ayla, Catatkan Konsumsi BBM 14,1 Kpl

First Drive All New Daihatsu Ayla, Catatkan Konsumsi BBM 14,1 kpl Konsumsi BBM sanggup mencatatkan angka terbaik 14,1 kpl (Kipli)

KabarOto.com - Astra Daihatsu Motor (ADM) mengajak wartawan otomotif untuk menjajal kebolehan produk terbaru Ayla di kawasan Yogyakarta, Jawa Tengah selama 3 hari (11-13/03).

KabarOto pun mendapatkan kesempatan untuk menjajal secara singkat Ayla R ADS dengan transmisi CVT, yang berisikan 2 orang rekan media lainnya, menjadi total 3 orang di dalam mobil tersebut.

Selama perjalanan hari pertama, All New Astra Daihatsu Ayla bermesin WA-VE DOHC Dual VVT-i dengan kapasitas 1.200 cc mampu memberikan akselerasi lebih responsif dibandingkan pendahulunya, mesin tersebut dikawinkan dengan tipe transmisi CVT, atau Daihatsu menyebutnya D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission), yang klaimnya membuat akselerasi kendaraan lebih halus, dan bahan bakar yang efisien.

Menuju destinasi dataran tinggi seperti Merapi, fitur All New Astra Daihatsu Ayla yang juga dilengkapi dengan fitur HSA (Hill Start Assist) turut membantu pengemudi ketika mengharuskan mobil berhenti dalam kondisi jalanan yang menanjak. Fitur tersebut tentunya sangat membantu bagi pengemudi pemula yang butuh bantuan secara teknis.

Baca Juga: ADM Nyatakan, Daihatsu Ayla Tak Terlibat Skandal Manipulasi Uji Tabrak

Kenyamanan berkendara juga didukung dengan Touchscreen Audio 7 inci dengan berbagai fitur. Contohnya navigasi yang dapat terhubung melalui ponsel pintar, sehingga terlihat jelas di layar tersebut, dan cukup membantu tim KabarOto 'blusukan' saat mengikuti agenda Amazing Race yang mengelilingi Yogyakarta dan sekitarnya.

Tingkat stabilitas yang lebih andal dan senyap klaimnya terwujud berkat penyematan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture), dan teknologi suspensi yang baru. Benar saja, kesan mobil LCGC yang ringkih seakan ditepis di generasi terbaru ini saat hujan menerpa dengan tingkat kebisingan yang tinggi. Namun, bantingan suspensinya tak terlalu jauh berbeda dengan generasi sebelumnya, hanya saja, terasa lebih rigid saat bermanuver.

Mobil ini memmiliki dimensi PxLxT 3.760 x 1.665 x 1.515 (mm), ditambah ground clearance setinggi 160 mm, serta radius putar 4,4 meter, membuat mobil ini tetap compact, lincah ketika melewati jalanan sempit seperti membelah kemacetan tengah kota Yogyakarta ketika jam sibuk.

Baca Juga: Dua Fitur Ini Tak Digunakan Di New Daihatsu Ayla

Sedangkan pada fitur kenyamanan lainnya, All New Ayla telah dilengkapi Engine Push Start-Stop button, ditambah Tilt Steering untuk mempermudah pengaturan posisi stir kemudi ketika akan berkendara.

Selain itu, para test driver pun lebih leluasa ketika memasukkan barang bawaan seperti tas, dan koper ke bagasi Ayla baru ini karena memiliki kapasitas bagasi yang lebih luas yaitu 265 Liter.

Soal konsumsi bbm terbaik yang KabarOto dapatkan adalah 14,1 kpl, dan pemakaian wajar hariannya rata-rata didapatkan di angka 13,4 kpl ketika mengelilingi kota Yogyakarta.

All new Daihatsu Ayla dijual mulai dari Rp 135,8 juta hingga Rp 191,7 juta harga OTR (On The Road) DKI Jakarta. Mau lihat hasil tes lengkapnya? Pantau terus KabarOto.