First Drive - Jajal Singkat Toyota Kijang Innova Hybrid Zenix

First Drive - Jajal Singkat Toyota Kijang Innova Hybrid Zenix Kipli/ KabarOto

KabarOto.com - Toyota Astra Motor (TAM) lakukan revolusi untuk varian Kijang Innova yang kini nemiliki mesin hybrid dengan 10 varian.

All New Toyota Kijang Innova Zenix menggunakan e-TNGA yang diklaim membuat model terbaru ini lebih irit bahan bakar 50 persen dibandingkan dengan model sebelumnya. Sedangkan, emisi gas buangnya lebih ramah lingkungan hampir 50 persen.

Soal harga, All New Kijang Innova Zenix ditawarkan dalam dua varian, yakni bensin dan Hybrid. Harganya mulai dari Rp 419 juta hingga Rp 611 juta.

Baca Juga: Galeri Toyota Innova Zenix, Tampilan Segar Pakai Mesin Hybrid

KabarOto memiliki kesempatan langsung menjajal MPV ini di kawasan Bundaran HI secara singkat.

Pertama, mencoba kursi penumpang pilar C atau kursi paling belakang. Jok terasa nyaman dan kaki relatif masih muat untuk tinggi 188 cm. Meski demikian, kabin di pilar ini masih terasa kurang kedap karena masuk lewat celah pintu bagasi bagian atas.

Beralih ke bagian pengemudi, KabarOto menjajal kenyamanan dari pilar A. Hal yang menjadi perhatian adalah jangkauan pandang atau visibilitas yang cukup luas, berkat sekat kaca segitiga pilar A yang semakin kecil.

Bagian kemudi juga makin ergonomis berkat setir yang terasa makin ringan diputar, baik dalam keadaan diam maupun sedang bermanuver.

Baca Juga: Program Menarik Untuk Pembelian All New Toyota Kijang Innova Zenix

Sayangnya, dengan jarak pengetesan yang pendek dan kurang kondusif, KabarOto tak sempat eksplorasi performa mesin hybrid berkode M20A-FXS 4 silinder segaris dengan kapasitas 1.987 cc. Namun, baterai hybrid sempat beroperasi selama kurang lebih 5 detik dan membantu akselerasi awal, karena sempat diisi oleh mesin konvensionalnya walau belum terisi secara optimal.

Soal kenyamanan kaki-kaki, Innova Hybrid Zenix ini memang lebih senyap dan rigid berkat platform TNGA: GA-C baru yang menggantikan sasis ladder frame lawasnya yang memiliki bobot lebih berat.

Ingin tahu pengetesan lengkapnya? Simak terus KabarOto!