POPULAR STORIES

Test Drive All New Toyota Kijang Innova Zenix V AT Gasoline, Mobil Keluarga Sesungguhnya

Test Drive All New Toyota Kijang Innova Zenix V AT Gasoline, Mobil Keluarga Sesungguhnya Foto: Blek/KabarOto

KabarOto.com - All New Toyota Kijang Innova Zenix hadir dengan masih menggaungkan sebagai kendaraan keluarga Indonesia, ruang kabin lega dan kenyamanan menjadi porsi utama MPV andalan dan menjadi salah satu tulang punggung penjualan dari PT Toyota Astra Motor (TAM).

Toyota Kijang generasi ketujuh ini memiliki banyak perubahan, mulai dari menggunakan platform TNGA (GA-C) dengan struktur monokok, menawarkan ruang kabin lebih luas dan memiliki tampilan baru yang modern.

Karena ketangguhan dan kenyamanannya, rencananya seluruh varian Kijang Innova ini akan ekspor ke lebih dari 40 negara, seperti kawasan Asia, Afrika, Amerika Latin dan Timur Tengah. Volumenya sebesar 8.500 unit per tahun.

Baca juga: Toyota Kijang Innova Zenix Jadi Lokomotif Di Segmen Menengah Hingga Atas

Generasi ketujung Toyota Kijang menggunakan platform TNGA (GA-C)

KabarOto untuk test drive kali ini kebagian untuk menikmati All New Toyota Kijang Innova Zenix V AT berbahan bakar bensin yang dibanderol Rp 473,6 juta, beberapa waktu lalu sempat menjajal All New Kijang Innova Zenix Q Hybrid.

MPV yang memiliki panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.795 mm dan sumbu roda 2.850 mm memiliki desain yang berubah total dari generasi sebelumnya. Tetapi, gril khasnya Masih dipertahankan. Penggunaan lampu utama LED multireflektor dengan lampu sein bohlam pada sisi dalam. Untuk tipe V ini tidak mendapatkan LED DRL dan lampu kabut.

Jika dilihat dari samping, terlihat mobil ini memiliki bodi dan kaca yang lebih besar dari generasi sebelumnya. Tak ketinggalan pelek multi palang single-tone ukuran 17 inci yang dipadukan dengan ban 215/60 R17.

Untuk bagian buritannya, lampu belakang masih menggunakan LED dengan sein dan lampu mundur menggunakan model bohlam biasa. Tambahan spoiler belakang menambah tampilan jadi lebih modern.

Soal fitur keselamatan, Toyota Kijang Innova Zenix V Modellista sudah dibekali, rem ABS, sensor parkir dengan corner, Airbag tiga titik, Brake Assist, Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control System, Traction Control, dan Hill-Start Assist Control.

Masuk kabin, kombinasi warna coklat, abu dan hitam menjadi latar warna di kabin. Dasbor model modern dengan bahan plastik, kemudian head unit dengan layar 10 inci model floating berkemampuan multimedia dengan konektivitas bluetooth, USB, android auto dan apple carplay.

Baca juga: Perbandingan Mesin Toyota Kijang Innova, Simak Datanya

Pengaturan AC model digital dengan kinerja otomatis dan berkemampuan dual zone, kemudian 2 slot USB type-c tersedia untuk charging dan koneksi head unit. Tidak ketinggalan terdapat tombol rem tangan, fitur auto hold, eco mode dan stability control.

Bagian spidometer menggunakan kombinasi analog dengan jarum dan layar MID di tengahnya, lingkar kemudi dilengkapi tombol untuk mengatur audio dan MID. Jok depan berdesain ergonomis dengan busa tebal, untuk memberikan kenyamanan saat mendudukinya.

Pada baris kedua, penumpang dihibur oleh dua layar head unit 10 inci lalu tombol pengaturan AC terdapat di bagian konsol tengah. Serta glove box untuk menyimpan botol minuman sebanyak 10 buah.

Lalu, untuk tipe V ini jok tidak dibalut kulit dan tanpa sunroof. Kijang Innova Zenix kini juga memiliki sistem pelipatan jok belakang model rata lantai, sehingga memberikan ruang bagasi lebih luas. Penggunaan platform yang sama dengan Toyota Voxy, memberi pengaruh pada kenyamanan dan ruang kabin yang lega.

Ruang kaki dan kepala yang leluasa, nyaman untuk dikendarai untuk jarak jauh. Dengan adanya TV 10 inci untuk dinikmati penumpang baris kedua, menambah hiburan dalam kabin untuk penumpang agar tidak mudah bosan.

All New Kijang Innova Zenix menggunakan platform yang sama dengan Toyota Voxy

Suspensi depan mengadopsi model MacPherson Strut di depan dan Torsion Beam di belakang, kinerjanya juga cukup nyaman. Meredam goncangan saat melewati jalan bergelombang di daerah Parung, dan pada jalur berkelok di kawasan Sentul Selatan serta Sumarecon Bogor, bodi mobil tidak terlalu membuang dan kendaraan dapat dikendalikan dengan baik.

Begitu juga dengan sistem pengereman yang mengadopsi ABS dan EBD, mengandalkan cakram ventilasi di depan dan cakram di belakang.

Selanjutnya perihal performa, All New Kijang Innova Zenix V AT Gasoline ini menggendong mesin M20A-FXS 4 silinder segaris, DOHC, Dual VVT-i, berkapasitas 1.997 cc, dengan kemampuan menelurkan tenaga maksimal sebesar 174 dk pada 6.600 rpm dan torsi 205 Nm pada 4.500-4.900 rpm. Dipadukan dengan transmisi CVT dengan penggerak roda depan.

Tarikannya memang tidak langsung begitu saja, naik perlahan untuk mencapai kecepatan tinggi. Transmisi CVT memberi pengaruh tarikan yang halus tanpa hentakan ketika perpindahan giginya. Untuk berlari hingga 120 kpj ini tidak terasa, kinerja suspensi ikut membuat kendaraan tetap diam pada kecepatan tinggi.

Baca juga: Alasan Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Gunakan Platform TNGA-C

Selanjutnya untuk konsumsi bahan bakarnya, berdasarkan data MID untuk pemakaian dalam kota dengan rute BSD City, Parung, Bogor, Ciawi dan Cigombong, diraih angka pemakaian sekitar 10,2 kpl. Kemudian melintasi jalan tol dari Cibadak, Ciawi, Jagorawi, tol Jorr 2, tol Jorr 1 dan sambung menuju BSD City, menorehkan angka 19,7 kpl dengan kecepatan di jaga pada 100 kpj.

Untuk ukuran mobil bensin, ini tidak terlalu boros seperti generasi sebelumnya. Peran pengemudi memang menjadi faktor utama, istilah "kaki sekolah" sangat penting.

Spesifikasi

Properti PT Toyota Astra Motor
Harga Rp 473,6 juta (on the road Jakarta)
Dimensi Panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.795 mm
Sumbu Roda 2.850 mm
Mesin M20A-FXS 4 silinder segaris, DOHC, Dual VVT-i
Kapasitas 1.997 cc
Transmisi CVT
Tenaga 174 dk @6.600 rpm
Torsi 205 Nm @4.500-4.900 rpm
Suspensi MacPherson Strut (depan) dan Torsion Beam (belakang)
Rem ABS, EBD, Cakram Ventilasi (depan), Cakram (belakang)
Pelek dan Ban 17 inci dan Ban 215/60 R17
Tangki Bahan Bakar 52 Liter
Bahan Bakar Ron 92 (minimal), Ron 98 (maksimal)
Rute Pengujian BSD City-Parung-Bogor-Cigombong-Tol Bocimi-Tol Jagorawi-Tol Jorr2-Tol Jorr 1-Tol Serpong
Jarak Pengujian 524 km
Konsumsi Bahan Bakar 10,2 kpl (dalam kota), 19,7 kpl (luar kota)