First Drive - Jajal Singkat Wuling Air Ev Di Kawasan GIIAS 2022 BSD City

First Drive - Jajal Singkat Wuling Air ev di Kawasan GIIAS 2022 BSD City Foto: Kipli

KabarOto.com - Wuling Air ev yang baru saja diluncurkan secara resmi unit dan harganya di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, menyedot perhatian masyarakat terutama pecinta otomotif Indonesia.

Pasalnya, era elektrifikasi sedang gencar-gencarnya digaungkan oleh pemerintah, dan para Agen Pemegang merek (APM) pun berlomba untuk memasarkan mobil dan motor listrik terbarunya.

KabarOto pun mendapatkan kesempatan first drive atau menjajal secara singkat mobil listrik terbaru Wuling yakni Air ev kurang lebih 15 menit di kawasan Nava Park, BSD City, Tangerang, berdekatan dengan penyelenggaraan GIIAS 2022.

Mobil listrik yang resmi dijual dengan harga Rp 238 juta untuk Standard Range dan Rp 295 juta untuk Long Range (OTR Jakarta), memang sengaja di desain untuk perkotaan dengan tenaga yang klaimnya cukup.

KabarOto pun tak menyia-nyiakan waktu dan segera memasuki kabin Air ev, membuka kunci pintu dengan metode smart entry yakni menekan tombol dekat handle pintu, dengan catatan kunci mobil harus berada di dekat kita.

Test driver KabarOto yang memasuki kabin mobil tersebut memiliki tinggi badan 188 cm, merasa head room serta leg room masih lapang. Cukup impresif, mengingat mobil ini terlihat mungil jika dilihat sekilas dari eksterior.

Baca Juga: Mulai Rp238 Juta, Harga Resmi Wuling Air EV Diumumkan Di GIIAS 2022

Cara mengoperasikan mobil ini pun sedikit berbeda dari mobil konvensional atau bahkan listrik pada umumnya. Wuling Smart Start system diklaim jadi inovasinya, tinggal injak pedal rem hingga status bertuliskan 'ready' muncul di layar instrumen, dan mobil pun siap digunakan.

Sistem transmisi otomatisnya, dapat diaktifkan dari tombol putar di konsol tengah, dari P untuk park atau parkir, N untuk netral, D untuk maju dan R untuk mundur.

Sedikit disayangkan, tombol P yang harusnya bisa dipermudah pengoperasiannya hanya dengan sekali tekan, harus melewati beberapa mode terlebih dahulu.

Serta pengoperasian MID di konsol tengah bagian depan, terkesan harus dijangkau dengan usaha yang lebih, bahkan pengemudi dengan tinggi badan di atas rata-rata sekalipun.

Baca juga: Ini Profil Mobil Listrik Wuling Air EV yang Melantai di GIIAS 2022

Namanya juga mobil listrik. kabin terasa senyap bahkan setelah mobil siap digunakan, hanya terdengan suara kipas AC. Suara gemuruh ban mobil ketika melaju di jalan aspal. Untuk tingkat kesenyapan dengan range harga yang disebutkan, EV ini memiliki kualitas relatif baik.

kualitas suspensi pun standar saja, masih terdengar suara yang agak kasar ketika melewati ramp buatan yang disediakan Wuling Motors di sesi uji coba.

Auto vehicle hold (AVH) dan hill hold control (HHC) berfungsi dengan normal dan baik ketika menanjak dan menuruni ramp tersebut.

Masuk ke akselerasi, motor listrik bertenaga 40 dk ini sanggup memproduksi torsi sebesar 110 Nm. Namun, KabarOto belum melakukan tes untuk overtake atau menyalip karena harus mengikuti lead car atau mobil penuntun di depan.

Secara keseluruhan, Air ev sepertinya cocok untuk keluarga urban yang menginginkan sebuah mobil listrik dengan aktivitas perkotaan. Mau lihat review lebih lengkapnya? Pantau terus KabarOto ya!