POPULAR STORIES

First Drive Wuling Alvez: Solo-Yogyakarta, Ini Impresinya!

First Drive Wuling Alvez: Solo-Yogyakarta, Ini Impresinya! Test drive Wuling Alvez Solo-Yogyakarta (Foto: Sigit/Kabaroto)

Kabaroto.com - Etape kedua ‘All At Once Driving Experience’, menyusuri Solo-Yogyakarta menggunakan Wuling Alvez EX, memberikan sedikit gambaran performa dari compact SUV andalan baru Wuling Motors di Indonesia.

Tim redaksi Kabaroto menjadi salah satu dari 20 media yang di undang untuk mencoba Wuling Alvez. Total perjalanan mencapai 170 km, dengan trek jalan perkotaan yang cukup padat dan jalan bergelombang dengan kombinasi turunan dan tanjakan.

Wuling Alvez menampilkan desain sporty

Baca Juga: Wuling Alvez Varian SE Dan CE Inden Sebulan Lagi

Rute perjalanan berawal dari Bandara Internasional Adi Soemarmo, Surakarta menuju Prcima West Park & Garden. Kemudian menempuh perjalanan panjang sekitar 85 km ke Selatan, menuju Pantai Slili. Dengan akhir perjalanan Grand Ambarrukmo Yogyakarta.

Sebagai catatan, selama perjalanan seluruh mobil peserta tidak melewati jalan Tol, sehingga tidak memacu Wuling Alvez hingga kecepatan 100 kpj.

Tim redaksi menguji langsung Wuling Alvez Solo-Yogyakarta

Sebelum ke impresi berkendara, kita bahas sedikit tentang desainnya. Dari sisi eksterior, Wuling Alvez menampilkan finishing bodi Dual-Tone Color, serta aksen krom di jendela. Dilengkapi juga roof rail agar menegaskan status SUV, fitur spion elektrik juga tidak ketinggalan.

Paling paling mencolok adalah pelek alloy berukuran 16 inci model yang disebut Wuling cutting-edge finishing black polish, dibalut ban ukuran 205/60 R16.

Masuk ke interior, Alvez menawarkan nuansa perpaduan warna hitam dan abu-abu, sehingga memberikan kesan sporty. Perpaduan material soft touch dan plastik keras masih jadi bahan utama.

Fitur melimpah di area kabin, salah satunya adalah fitur WIND

Area kabin jok baris kedua, ruang kaki dan ruang kepala cukup lega. Baris kedua mampu menampung 2 hingga 3 penumpang.

Hal paling menarik di dalam kabin adalah mencoba fitur Wuling Indonesia Voice Command (WIND). Di mana, fitur perintah suara berbahasa Indonesia ini mampu mengoperasikan beberapa fungsi kendaraan, seperti menyalakan atau mematikan radio, AC, buka atau tutup jendela dan sunroof. Cukup praktis, memulainya dengan mengucapkan "Halo, Wuling".

Jok baris kedua cukup nyaman, memberikan ruang kaki dan kepala yang lega

Baca Juga: Pemesanan Wuling Alvez 1.700 Unit, Model Ini Terlaris

Tiba saatnya ke impresi berkendara. Ada beberapa poin plus dan minus soal performa dari Wuling Alvez.

Diketahui, Wuling Alvez dibekali mesin 4 silinder, DOHC, berkapasitas 1.485 cc, memiliki tenaga maksimal sebesar 105 dk pada 5.800 rpm, dan torsi 143 Nm pada 4.000 - 4.600 rpm. Disambung ke transmisi CVT berpenggerak roda depan.

Wuling Alvez dibekali mesin 4 silinder DOHC berkapasitas 1.485 cc

Saat menginjak gas, di putara awal mesinnya kurang responsif, sedangkan di putaran atas cukup terasa. Sebagai informasi, Wuling Alvez menggunakan mesin yang sama dengan Formo Max. Meski begitu, ada perbedaan di antara keduanya.

Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko menjelaskan, "Tuning dari mesin Wuling Alvez dan Formo Max berbeda. Meski menggunakan mesin yang sama, ada beberapa penyesuaian. Wuling Alvez itu mobil penumpang kalau Formo Max itu komersial. Itu pasti sudah sangat memengaruhi bagaimana setting-an atau tuning kedua mobil itu.”

Test drive melewati jalan menanjak dan menurun

Wuling Alvez dibekali rem cakram di depan dan belakang, namun sayangnya kurang terasa responsif, sehingga perlu menekan pedal rem lebih dalam untuk mengurangi kecepatan mobil.

Kemudian adalah bagian setir mobil, terasa cukup enteng diputar, cocok untuk pengendara pemula.

Dan terakhir bagian suspensi, Wuling Alvez EX disematkan suspensi jenis McPherson Strut di bagian depan dan Torsion Beam di belakang. Suspensi mobil sedikit keras, tapi masih memberikan kenyamanan ketika berkendara di jalan yang rata dan memberikan kestabilan.

Secara keseluruhan, SUV asal pabrikan Tiongkok ini cukup mumpuni. Fitur dan ruang kabin menjadi kelebihan dari mobil ini, cocok untuk dimiliki bagi keluarga muda.