POPULAR STORIES

First Ride, Sekejap Merasakan All New Honda Vario 160

First Ride, Sekejap Merasakan All New Honda Vario 160 All New Honda Vario 160 dibekali dengan rangka dan mesin baru (Foto: Dok AHM)

KabarOto.com - All New Honda Vario 160 diperkenalkan. Motor matik yang masuk ke segmen premium ini pun dibekali dengan mesin dan rangka baru. Diklaim lebih irit bahan bakar karena dari bobotnyalebih ringan.

Nah bagaimana performa motor ini?

KabarOto berksempatan menguji motor ini di AHM Safety Riding and Training Center, Cikarang, Jawa Barat. All New Honda Vario memiliki panjang 1.929 mm, lebar 679 mm dan tinggi 1.088 mm, sedangkan jarak sumbu roda sekitar 1.277 mm.

Baca juga: Profil All New Honda Vario 160

Dengan jarak terendah ke tanah 140 mm dan tinggi tempat duduk 778 mm, saya yang memiliki tinggi 175 meter cukup menapakkan kaki. Namun, dengkul saya sepertinya hanya menyisakan dua jari ke bagian fairing yang berada di bawah setang.

All New Honda Vario 160

Lampu depan sudah menggunakan teknologi LED sehingga memberi penerangan maksimal saat jalan raya yang gelap. Desain lampu yang hampir menyatu dengan bodi, memperlihatkan kesan mewah dan sporty.

Apalagi terdapat Daytime Running Light (DRL) berada di atas lampu utama, bentuknya menyipit. Lampu sein berada di atas DRL dekat dengan setang.

Panel meter full digital, terdapat informasi kecepatan, batterai dan bahan bakar. Motor ini tidak lagi menggunakan anak kunci, sudah mengadopsi teknologi keyless sehingga tinggal menyalakan saja, kunci cukup di kantong.

Waktunya berkendara. AHM menyediakan berbagai trek, mulai dari lintasan lurus, berliku sampai menikung tajam.

Di awal start saya langsung menjajal trek lurus sepanjang 500 meter. Di sini performa mesin 156,9 cc 4 langkah, eSP+ memberikan performa yang cukup baik. Sayang selama dua kali di jalur ini, hanya bisa mencapai 80 kpj saja.

Di atas kertas, All New Honda Vario 160 ini tenaganya bisa mencapai 13 dk di putaran 8.500 rpm, dan 13,8 Nm di 7.000 rpm.

Terdapat tikungan yang tajam, dengan ban depan 100/80 ring 14 dan belakang 120/70 ring 14 membuat motor tidak tergelincir saat saya melakukan pengereman secara mendadak. Sistem ABS dengan cakram memberi rasa aman saat menghentikan laju.

Sementara itu tipe rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) memberikan kemudahan mengendalikan motor berada di beberapa tikungan.

Suspensi depan teleskopik dan belakang swing arm dengan sokbreker tunggal juga cukup nyaman digunakan saat jalan bergelombang.

Secara keseluruhan, motor ini begitu nyaman, bertenaga dan sangat cocok digunakan untuk beraktivitas harian maupun touring. Kapasitas bahan bakar mencapai 5,5 liter sehingga tak perlu khawatir, cukup digunakan melakukan perjalanan panjang atau touring.

Baca juga: All New Vario 160 Diperkenalkan, Mesin Dan Rangka Baru Dengan Fitur Modern

All New Honda Vario 160 ditawarkan dalam 2 tipe yaitu CBS dan ABS. Untuk tipe CBS, ada warna Active Black, Grande Matte Black, dan Grande Matte Red.

Sementara tipe ABS, warna yang ditawarkan Active Black, Grande Matte Black, dan Grande White. perohal harga, All New Honda Vario 160 dibanderol (OTR) Jabodetabek Rp 25.800.000 untuk tipe CBS dan Rp 28.500.000 untuk ABS