POPULAR STORIES

Fitur Apple CarPlay & Android Auto Di Mobil, Ini Penjelasannya

Fitur Apple CarPlay & Android Auto di Mobil, Ini Penjelasannya

KabarOto.com - Fitur Apple CarPlay & Android Auto yang lazimnya muncul sebagai fitur dan spesifikasi standar mobil modern memang nampaknya makin jamak ditemui. Meski demikian, tidak semua kendaraan memiliki teknologi tersebut.

“Apple CarPlay & Android Auto adalah fitur yang disediakan oleh perusahaan Apple & Google. Memudahkan pengemudi berkendara secara aman dan nyaman tanpa terdistraksi telepon genggam. Sehingga tidak bermain handphone saat berkendara,” jelas Fadjar Tjendikia selaku Finance & Marketing Dept. Head Astra Peugeot.

Fitur modern ini dapat menampilkan tampilan HP Android dan iOS ke Head Unit, seperti Screen Mirroring yaitu menampilkan tampilan ponsel pintar ke beberapa tipe Televisi.

Baca juga: Fitur Balap Canggih Hyundai N Sebagai Safety Car WSBK Mandalika

Keduanya memiliki fitur hampir sama. Bedanya Android Auto khusus untuk ponsel yang menggunakan sistem operasi Android. Sedangkan Apple CarPlay khusus untuk ponsel iOS yaitu iPhone dan iPad. "Hanya saja sistem operasi yang mendukung perangkat Android atau iOS minimal harus mumpuni," ujarnya.

Skema kerja Apple CarPlay & Android Auto sangat sederhana. Apalagi untuk mengaktifkan hanya perlu menghubungkan kabel USB orisinal iPhone atau Android. Umumnya, Secara otomatis fitur sudah bisa dinikmati pada tampilan layar.

Baca juga: Ini Fitur-fitur Baru Bus Daimler Mercedes-Benz OF 917 Karoseri Laksana

Jika pada screen menampilkan pesan “not compatible” maka perlu mendownload aplikasi Android Auto pada Play Store. Meskipun proses transfer menu saat akan mengaktifkan pada head unit harus dilakukan pada layar monitor.

“Saat head unit terkoneksi, hanya beberapa aplikasi yang bisa digunakan. Seperti telepon, musik, peta navigasi, pesan, dan musik. Menariknya, saat melakukan panggilan telepon atau membacakan pesan yang masuk, bisa dioperasikan melalui perintah suara guna membantu dalam panggilan telepon,” tambahnya. Adapun untuk aplikasi unduhan yang kompatibel dengan fitur ini adalah Spotify, Podcasts, Beats Radio, iHeartRadio dan Stitcher.