POPULAR STORIES

Fitur MBUX Di Mercedes-Benz Tidak Bisa Mengatur Sisi Mekanis, Ini Alasannya

Fitur MBUX di Mercedes-Benz Tidak Bisa Mengatur Sisi Mekanis, Ini Alasannya Dok : Deddy KabarOto.com

KabarOto.com - KabarOto sempat diundang ke PT Suri Motor Indonesia, selaku diler yang baru saja mendapat sertifikasi level 2 dari Mercedes-Benz AG secara langsung untuk bengkel bodi dan cat.

Di sana, selain ditunjukkan betapa canggihnya peralatan yang digunakan, dijelaskan juga soal fitur Mercedes-Benz User Experience (MBUX) di mobil-mobil Mercedes-Benz seangkatan.

MBUX sendiri ialah fitur voice command yang ada di mobil Mercedes-Benz. Fungsinya adalah memerintah segala sesuatu berhubungan dengan media di mobil, hanya menggunakan perintah suara.

Sehingga, pengemudi tidak perlu mengalihkan pandangan sepersekian detik untuk mengatur sesuatu. Cukup katakan 'Hey Mercedes' dan sebutkan perintah dalam bahasa Inggris.

Baca Juga : PT Suri Motor Indonesia Mendapat Sertifikasi Spesialis Body Repair Dari Mercedes-Benz

Namun fitur yang bisa diatur hanya segala sesuatu berhubungan dengan media. Misalnya saja menyalakan AC, mengganti siaran radio, mengganti warna ambient light, mengatur volume, dan lainnya.

MBUX tidak bisa mengatur sesuatu yang bersifat mekanis, misalnya saja mematikan mesin. Karena, hal tersebut sangat berbahaya. Apabila pengemudi atau penumpang tidak sengaja mengatakan hal tersebut di perjalanan, maka beresiko terjadi kecelakaan.

Baca Juga : Ini Alasan Kenapa Bahan Material Sasis Mobil Berbeda-beda

Sementara MBUX di Mercedes-Benz hanya bisa mengenali bahasa Inggris, tidak seperti mobil lain misalnya Wuling Almaz dan lainnya. Lalu bagaimana jika bahasa Inggris kita kurang baik?

Tenang, MBUX bisa beradaptasi berkat kecerdasan buatan (AI), mungkin awalnya akan ada kendala di mana fitur tidak bisa mengenali suara. Namun seiring berjalannya waktu, sistem bakal belajar mengenali logat kebiasaan sang pemilik.