POPULAR STORIES

Ini Alasan Kenapa Bahan Material Sasis Mobil Berbeda-beda

Ini Alasan Kenapa Bahan Material Sasis Mobil Berbeda-beda Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com - Sasis mobil mobil yang kita tahu, terlihat sama. Ternyata bahan setiap bagian berbeda.

Saat tim KabarOto berkunjung ke PT Suri Motor Indonesia, diler Mercedes-Benz yang mendapat sertifikasi resmi dari Jerman untuk bengkel bodi dan cat, dijelaskan bahwa sebuah mobil punya konstruksi sasis dengan bahan berbeda-beda.

Pada mobil Mercedes-Benz, setidaknya ada 6 bahan berbeda. Mulai dari paling ringkih Alumunium, lalu Mild Steel dengan kekuatan 300 Nm, High Strength Steel 550 Nm, Modern High Strength Steel 1000 Nm, dan paling kuat Ultra High Strength Steel 1500 Nm, dan Ultra High Strength Steel Hot Worked 1500 Nm/mm².

Baca Juga : Hati-hati Gunakan Bumper Mercedes-Benz Palsu, Banyak Bedanya

Pertanyaannya, kenapa mobil tidak sekalian buat dengan material terkuat, Agar mobil aman dari kecelakaan? Ternyata bukan seperti itu konsepnya. Mirip seperti mobil balap, di mana bagian paling kuat hanya digunakan di bagian paling vital untuk melindungi pengemudi dan penumpang di dalamnya.

Terlihat bagian pilar A dan B jadi salah satu bagian terkuat.

Sementara bagian luar, sengaja dibuat lebih mudah hancur. Tujuannya untuk menyerap benturan yang terjadi ketika kecelakaan.

Karena bila semua bahan dibuat keras, maka dampaknya adalah benturan akan langsung diteruskan ke tubuh pengemudi dan penumpang, sehingga lebih berbahaya.