POPULAR STORIES

Profil Mercedes-Benz Actros 4063S 6x4, Penakluk Medan Tambang

Profil Mercedes-Benz Actros 4063S 6x4, Penakluk Medan Tambang Truk Mercedes-Benz Actros 4063S 6×4

KabarOto.com - Mercedes-Benz Actros 4063S merupakan salah satu varian truk tugas berat (heavy duty) terbaru dari PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) sebagai distributor resmi kendaraan niaga truk dan bus Mercedes-Benz di Indonesia

Truk jenis tractor head berkonfigurasi 6x4 ini dibekali dengan spesifikasi khusus untuk memenuhi kebutuhan sektor tambang yang disematkan dengan sejumlah peningkatan mulai dari performa mesin yang lebih tangguh hingga fitur-fitur pendukung operasional yang mumpuni.

Baca Juga: Jenis Dump Truk Yang Digunakan Industri Konstruksi Dan Pertambangan

Secara penampilan, Mercedes-Benz Actros 4063S ini tak jauh berbeda pada jajaran varian Actros di Indonesia. Hanya saja, yang membedakan adalah adanya sejumlah komponen khusus yang disematkan untuk memperkuat dalam mengahadapi medan-medan ekstrim.

Salah satu komponen tersebut terlihat dari bagian bawah bumper yang sudah dilengkapi dengan stone guard yeng menyatu dengan bullbar sehingga mampu menahan benturan-benturan keras dari obstacle yang dihadapinya khususnya di area pertambangan.

Mercedes-Benz Actros 4063S 6x4 ini memiliki dimensi secara keseluruhan dengan panjang 6.810 mm, lebar 2.487 mm, tinggi sekitar 1.840 mm serta wheelbase 3.180 mm dengan overhang 1.510 mm pada bagian depan dan 670 mm pada bagian belakang.

Serupa dengan varian lainnya pula, kabin Actros 4063S ini tetap mempertahankan kesan mewah khas Mercedes-Benz yang didominasi dengan warna hitam serta memiliki sejumlah fasilitas mulai AC, Power Window, Central-lock, Tachograph, hingga head unit berukuran sekitar 10 inci.

Baca Juga: Mengenal Fitur ABS Pada Truk Dan Bus, Begini Cara Kerjanya

Memiliki ruang kemudi atau kokpit terlihat melengkung, membuat tampilan kabin Actros semakin menegaskan akan kecanggihannya ditambah dengan adanya fasilitas seperti MP3 Player yang terintegrasi dengan berbagai kotak penyimpanan yang terdapat di atas kabin.

Kursi kemudinya sendiri sudah menggunakan kursi pilot atau yang akrab disebut dengan captain seat, dimana kursi tersebut dilengkapi dengan headrest yang lebar dan armrest yang dapat dilipat serta kursi teleskopik yang dapat dinaik-turunkan sesuai kenyamanan pengemudi.

Truk Actros 4063S ini dibekali dengan mesin baru Mercedes-Benz OM 473 LA, 6-silinder segaris berkapasitas 15.600 cc (15.6L) yang diklaim sanggup menghasilkan tenaga maksimal sebesar 625 dk di putaran 1.600 rpm dan torsi puncak mencapai 3.000 Nm di putaran 1.100 rpm.

Menariknya, mesin baru OM 473 LA tersebut diintegrasikan dengan fitur terbaru yaitu, turbo retarder clucth yang merupakan suatu mekanisme penerus putaran mesin menuju transmisi yang terdiri dari kopling (friksi) konvensional dan kopling fluida.

Baca Juga: Bisa Bikin Irit BBM, Begini Cara Optimalkan Hambatan Gulir Pada Ban Truk Dan Bus

Dengan fitur turbo retarder clucth truk ini mampu mengurangi keausan kampas kopling konvensional serta memungkinkan mesin mencapai rpm dimana torsi yang dihasilkan kemudian disalurkan dengan halus pada saat kendaraan bergerak dari posisi berhenti.

Selain itu, fitur tersebut juga mampu menyalurkan putaran mesin yang lebih efisien menggunakan kopling konvensional hingga mengalih fungsikan kopling fluida menjadi retarder hidrolis untuk memperlambat kendaraan tanpa menggunakan rem utama.

Mesin berstandar Euro 5 itu juga dilengkapi dengan fitur turbocompound yang memanfaatkan kembali energi kinetik dari gas buang setelah dimanfaatkan untuk memutar turbin turbocharger untuk membantu memutar crankshaft mesin sehingga meningkatkan efisiensi kerja mesin.

Kendati demikian, kombinasi fitur turbo retarder clucth dan turbocompound ini diklaim juga dapat berfungsi untuk menahan kecepatan truk ketika pengemudi tengah menghadapi jalan menurun sembari membawa muatan maksimum hingga lebih dari 170 ton.

Baca Juga: Yutong YTK90E, Truk Listrik Untuk Pertambangan

Mercedes-Benz Actros 4063S juga dibekali dengan fitur High Performanfe Engine Brake yang mampu menghasilkan daya pengereman mesin yang sangat besar, untuk memungkinkan pengemudi mengurangi keausan kampas rem serta tetap berkendara yang aman.

Sebagai kendaraan tambang, truk tersebut juga sudah disematkan dengan berbagai fitur pendukung mulai dari PTO (Power Take-Off), Kingpin berukuran 3,5 inci dan subframe yang kokoh yang menjadi kunci kemampuan truk dalam menangkut muatan berat.