POPULAR STORIES

Yutong YTK90E, Truk Listrik Untuk Pertambangan

Yutong YTK90E, Truk Listrik untuk Pertambangan Truk listrik Yutong YTK90E miliki VKTR/Foto: KO

KabarOto.com - PT VKTR Teknologi Mobilitas (VKTR) dikenal dengan kesuksesannya menghadirkan bus listrik, sebagai solusi transportasi ramah lingkungan di Indonesia.

Namun tak disangka, anak perusahaan dari PT Bakrie & Brothers Tbk. (BNBR) ini juga telah menghadirkan sebuah truk listrik yang dirancang khusus untuk kebutuhan di sektor pertambangan.

Baca Juga: Hyundai Indonesia Pastikan Bus Listrik Elec City Dan County EV Meluncur Tahun 2024

Ya, PT VKTR telah menghadirkan truk listrik Yutong YTK90E, ssebagai komitmennya dalam memimpin pasar EV Heavy Mobility di Indonesia setelah sukses mengoperasikan bus listrik sebagai armada transportasi Transjakarta.

“VKTR terus konsisten dalam merealisasikan komitmen kami, untuk memimpin pasar EV Heavy Mobility di Indonesia. Setelah sukses menjadi pionir untuk EV Bus, kini VKTR mulai memimpin di kategori EV Mining Truck,” ujar Gilarsi W. Setijono, CEO PT VKTR beberapa waktu lalu.

EV Mining Truck ini merupakan hasil kolaborasi strategis antara VKTR dan Yutong, sebagai salah satu pemimpin global dalam industri kendaraan listrik, ditujukan untuk menghadirkan solusi mobilitas ramah lingkungan di industri pertambangan Indonesia.

Secara spesifikasi, truk listrik Yutong YTK90E memiliki bentuk bodi besar, dengan dimensi panjang keseluruhan 9.400 mm, lebar 3.450 mm, tinggi 4.150 mm dan jarak sumbu roda (wheelbase) sebesar 4.000+1.550 mm serta memiliki radius putar sekitar 23 m.

Baca Juga: Profil Bus Listrik MAB, Kecepatan Maksimal 60 Kpj Bisa Tempuh Jarak 250 Km

Truk listrik ini mampu mengangkut muatan lebih dari 60 ton, dipersenjatai paket baterai lithium iron phosphate berkapasitas 350-530 kWh, diklaim memiliki kualitas baterai yang 10 kali lebih tinggi dibandingkan industri lain.

Menariknya, truk listrik tersebut dibekali dengan sistem kontrol ganda terintegrasi dalam all-in one controller dengan efisiensi maksimum hingga 99%. Kendaraan ini, juga memiliki penggerak listrik dengan efisiensi tinggi yang dikembangkan langsung oleh Yutong.

“EV Mining Truck ini memiliki perlindungan daya baterai dengan 26 jenis peringatan dan akurasi hingga mencapai 95%. Sistem energi barunya juga bekerja dengan stabil dengan tingkat comprehensive attendance mencapai lebih dari 95%,” ungkap Gilarsi.

Truk listrik Yutong YTK90E ini memiliki sasis rigid box-type, memiliki ketahanan benturan yang kuat dan meningkatkan masa pakai sasis, dan masa pakai kendaraan sehingga menambah ketangguhan dan kekokohan dalam beroperasi di area ekstrim seperti tambang.

Baca Juga: Spesifikasi Toyota Hilux Champ Hadir Di Thailand

Selain itu, adanya suspensi hydri-pneumatic di bagian depan, dan suspensi per daun di belakang, turut meningkatkan kinerja penyangga dan peredam getaran yang baik, serta mampu beradaptasi dengan kondisi jalan kompleks di area tambang terbuka.

Teknologi pemulihan energi truk ini juga terbilang memiliki efisiensi yang tinggi. Seperti, memiliki berbagai metode pengisian energi berefisiensi tinggi, baterai dapat ditukar secara efisien dalam waktu 7 menit hingga mampu beradaptasi sesuai kebutuhan transportasi.

Menariknya, berbeda dengan truk pada umumnya, kabin truk Yutong YTK90E ini hanya dilengkapi dengan satu kursi pengemudi, dimana satu kursi penumpang (disebelahnya) di fungsikan untuk penyimpanan komponen seperti aki, namun tetap dapat dibuat duduk.

Baca Juga: Intip Modifikasi Truk Unik Di Parjo #11, Biaya Modifnya Fantastis

Truk listrik Yutong YTK90E ini sempat diperkenalkan kepada masyarakat oleh VKTR melalui partisipasinya di ajang pameran Mining Expo 2023 yang berlangsung selama 13-16 September 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta kemarin.