POPULAR STORIES

Hyundai Indonesia Pastikan Bus Listrik Elec City Dan County EV Meluncur Tahun 2024

Hyundai Indonesia Pastikan Bus Listrik Elec City dan County EV Meluncur Tahun 2024 Bus listrik Hyundai Indonesia/Foto: Hyundai

KabarOto.com - Melalui penandatanganan perjanjian distributor (Distributor Agreement), INVI dan Hyundai berencana menghadirkan bus listrik Hyundai Elec City dan Hyundai County EV untuk pasar Indonesia pada tahun 2024 mendatang.

Hal ini merupakan bentuk kolaborasi antara PT Energi Makmur Buana (INVI), anak usaha dari PT Indika Energy Tbk, yang telah berkolaborasi dengan Hyundai Motor Company (HMC) untuk mendukung transisi transportasi publik di Indonesia yang ramah lingkungan.

Baca Juga: Kendaraan Niaga Isuzu Ramah Lingkungan Gunakan Teknologi Hidrogen Dan Listrik

Menurut Youngtack Lee, Presiden Hyundai Motor ASEAN HQ, kemitraan strategis antara Hyundai Motor dan INVI ini merupakan langkah penting dalam pengembangan commercial electric vehicles (CEV) di wilayah ASEAN, termasuk di Indonesia.

"Hyundai Motor Company secara strategis memperkenalkan produk kami ke pasar Indonesia, yang dikenal dengan volume besar kendaraan komersialnya," ungkapnya dalam keterangan resmi, Selasa (28/11/2023).

Hyundai menunjuk INVI sebagai distributor pertama, untuk kendaraan komersial berbasis listrik yang sejalan dengan komitmen pabrikan, untuk membentuk kembali lanskap transportasi publik Indonesia. Dengan menghadirkan kendaraan listrik komersial canggih.

Bus listrik Hyundai Elec City/Foto: Hyundai

"Kedua perusahaan kami memiliki rekam jejak inovasi dan keberhasilan yang kuat dalam industri masing-masing, dan keahlian gabungan akan sangat berharga dalam membawa commercial electric vehicles baru ke pasar," sambung Lee.

Andreas Justiabel, Presiden Direktur INVI juga mengatakan, kolaborasi ini menjadi bagian dari langkah strategis dan komitmen Indika Energy dalam mendukung kebijakan pemerintah, dan berperan aktif dalam memajukan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Dirinya juga mengungkap, bahwa dalam mendukung mobilitas berkelanjutan, INVI juga berencana akan turut berkontribusi untuk mengembangkan sistem transportasi publik berkelanjutan di Ibu Kota Nusantara (IKN) Indonesia.

"Selain CEV, INVI berkomitmen untuk menghadirkan lini produk yang lengkap termasuk dengan fasilitas pendukungnya, yaitu stasiun pengisian EV untuk mempercepat transisi transportasi publik di Indonesia menuju teknologi ramah lingkungan," terang Andreas.

Baca Juga: Profil Bus Listrik MAB, Kecepatan Maksimal 60 Kpj Bisa Tempuh Jarak 250 Km

Menariknya lagi, untuk memastikan keberlanjutan bus dan kendaraan komersial, INVI berencana untuk meningkatkan aspek lokalisasi kendaraan listrik yaitu Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang dimulai dengan kerjasama bersama karoseri lokal.

Disisi lain, Hyundai berinisiatif akan membangun pabrik sel baterai untuk mengurangi biaya produksi, meningkatkan daya saing pasar, dan mendapatkan keuntungan dari pembebasan pajak mewah lokal dengan mencapai TKDN yang ditargetkan.

"Upaya bersama ini bertujuan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, beralih ke energi bersih, dekarbonisasi transportasi darat, dan meningkatkan keamanan energi, dengan akhirnya berusaha mencapai emisi netral karbon," papar Andreas.

Bus listrik Hyundai County EV/Foto: Hyundai

Baca Juga: Mobil Listrik Neta Siap Dirakit Lokal Tahun 2024

Sebagai informasi, akan hadir di Indonesia, Hyundai Elec City merupakan bus listrik 12 m yang memiliki kapasitas baterai sebesar 256 kWh yang diklaim dapat menempuh jarak hingga 319,2 km dalam sekali pengisian daya yang dapat mengangkut penumpang sebanyak 28 orang.

Sementara, Hyundai County EV merupakan bus listrik medium berdimensi panjang 8 m yang dibekali dengan baterai berkapasitas berkapasitas 128 kWh, diklaim mampu melaju sejauh 250 km dalam sekali pengisian penuh dan dapat mengangkut penumpang sekitar 15 orang.

Kedua bus listrik ini dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat Indonesia, termasuk menyediakan opsi yang berkelanjutan dan efisien untuk transportasi perkotaan maupun pinggiran kota di Tanah Air.

Berita Terkait

Berita Terkait