POPULAR STORIES

Kendaraan Niaga Isuzu Ramah Lingkungan Gunakan Teknologi Hidrogen Dan Listrik

Kendaraan Niaga Isuzu Ramah Lingkungan Gunakan Teknologi Hidrogen dan Listrik Isuzu Giga Fuel Cell, truk berteknologi hidrogen (Foto: Isuzu)

KabarOto.com - Kondisi lingkungan saat ini membutuhkan terobosan teknologi ramah lingkungan, salah satunya pabrikan kendaraan niaga yakni Isuzu Motors, siap hadirkan kendaraan ramah lingkungan yang menggunakan bahan bakar hidrogen dan listrik sebagai sumbernya.

Kendaraan niaga juga mengalami perkembangannya, tidak melulu menggunakan bahan bakar solar. Sesuai perkembangan zaman, kini kendaraan niaga sudah hadir dengan menggendong mesin berbahan bakar hidrogen dan juga listrik.

Sesuai dengan komitmen Isuzu dalam menyongsong masa depan, dengan senantiasa berkembang bersama konsumen dimanapun dan kapanpun.

Baca juga: Isuzu D-Max Facelift Dibanderol Mulai Rp224 Jutaan

Isuzu Elf EV jadi truk listrik ukuran menengah

Kita mulai dengan Isuzu Elf EV, merupakan model pertama Isuzu Elf yang menggendong teknologi Battery Electric Vehicle (BEV). Mengandalkan motor listrik yang sanggup memuntahkan tenaga hingga 201 dk, dengan penyimpan energi baterai Lithium-ion berkapasitas hingga 100 kWh.

Jarak tempuh Isuzu Elf EV, diklaim sekali pengisian baterai hingga penuh adalah mencapai 100 km.

Selanjutnya ada Isuzu Giga Fuel Cell, memiliki berat total 25 ton. Memiliki empat tumpukan sel bahan bakar dengan daya masing-masing 103 kW dan kapasitas penyimpanan hidrogen 56 kilogram. Kendaraan ini didukung oleh motor listrik 320 kW (429 dk) dan mampu menempuh jarak hingga 800 km.

Truk heavy duty berbahan bakar hydrogen ini, dikembangkan bersama pabrikan Honda sejak 2020. Model produksi Giga Fuel Cell akan diluncurkan pada 2027. Uji coba demonstrasi akan dimulai sebelum akhir tahun fiskal, yaitu sebelum 31 Maret 2024.

Kemudian Isuzu Elfmio, merupakan truk ringan yang dapat dikendarai dengan surat izin mengemudi standar Jepang. Hal ini mewakili salah satu cara Isuzu, berupaya memperluas potensi pengemudi sebagai respons terhadap kekurangan pengemudi kronis di Jepang, disebabkan oleh angkatan kerja yang menua.

Elfmio menawarkan kabin paling nyaman di kelasnya, dengan interior yang bagus bahkan untuk pengemudi bertubuh tinggi. Truk ini memiliki radius putar kecil yang menjanjikan kemampuan manuver yang luar biasa.

Singkatnya, ini adalah truk yang dapat dikendarai seperti mobil penumpang, mudah dikendalikan oleh pengemudi mana pun, tanpa memandang pengalaman atau usia.

Baca juga: Isuzu Giga Dan Traga Refrigerator Dukung Pengusaha Jaga Kualitas Produk

Isuzu Elfmio

Nah, ketiga kendaraan niaga ini akan hadir di Japan Mobility Show (JMS) 2023, jadi ini semacam bocoran kendaraan yang akan hadir di sana. Pengalaman Isuzu sebagai pabrikan ternama kendaraan niaga sekaligus tertua dari Jepang, diwujudkan melalui tema di JMS 2023, yakni Innovation For You: Accelerate The Future of Transport.

Isuzu menghadirkan ragam produk dan solusi sebagai bagian dari integrasi transportasi dan inovasi. Secara umum area dalam booth Isuzu terbagi atas tiga kategori, yakni Innovation for Earth, Innovation for Society dan Innovation for Life.

"Teknologi baru yang ramah lingkungan dari Isuzu hadir di JMS 2023. Dengan begitu kesadaran masyarakat dan konsumen terhadap pentingnya keberlanjutan lingkungan dapat dibangun bersama Isuzu,” ujar Puti Annisa Moeloek, Communication Management Department Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI).

Sebagai informasi, JMS pertama ini akan digelar di Tokyo Big Sight, Tokyo, Jepang, berlangsung mulai tanggal 25 Oktober hingga 5 November 2023 mendatang. Ajang adu inovasi dan teknologi antar pabrikan otomotif ini, sebelumnya bernama Tokyo Motor Show (TMS) yang digelar dua tahun sekali, dan berlangsung sejak 1954.