Fitur Toyota Avanza Versi Malaysia Lebih Lengkap, Kok Bisa?

Fitur Toyota Avanza Versi Malaysia Lebih Lengkap, Kok Bisa? Sumber : Toyota Malaysia

KabarOto.com – Toyota Avanza memang meraih angka penjualan paling tinggi ketimbang Low MPV lainnya. Tidak dipungkiri, hasil penjualan Avanza secara wholesale pada bulan Oktober 2019 saja mencapai 8.800 unit, yang berarti 2 kali lipat dari Mitsubishi Xpander.

Avanza memang banyak disukai oleh pasar Indonesia karena dinilai praktis tidak terlalu besar, punya rentang pilihan varian ditambah kabin luas bisa masuk hingga 7 penumpang, dan sparepartnya terbilang sangat mudah didapat jadi tidak perlu repot-repot.

Namun bagaimana soal fitur? Mungkin pada facelift terakhirnya Avanza turut mendapat improvement seperti lampu LED, AC digital dan sebagainya. Tapi ternyata fitur tersebut masih kalah loh dari versi Malaysia sob.

Avanza untuk pasar Malaysia lebih lengkap fiturnya, dan bisa dibilang fitur tersebut cukup mewah loh. Pertama adanya Blind Spot Monitoring, nah kegunaannya sendiri adalah memberi peringatan pada pengemudi kalau dari sisi samping ada pengendara lain melintas. Sensornya akan membaca dan memberitahu lewat lampu pada spion.

Baca Juga : Ini Dia, 4 Pilihan Mobil Hatchback Bujet Rp 250 Jutaan

Lalu Rear Cross Traffic Alert, cukup mengejutkan memang terselip fitur ini, sebab hampir mirip dengan fitur mobil mewah yah. Nah kegunaannya sendiri ialah memberikan peringatan kalau ada pengendara melintas dibelakang mobil. Biasanya berfungsi ketika kita parkir masuk depan, dan mengharuskan kita keluar mundur. Sensor akan memberi tahu kalau jalan sudah aman atau belum saat mundur. Jadi bisa menggantikan peran tukang parkir nih.

Tidak sampai di sana, versi Malaysia turut memberikan kamera dashcam untuk tipe paling tinggi, zaman sekarang cukup penting memasang alat ini, sebab bila terjadi sesuatu di jalan, rekamannya dapat jadi barang bukti kuat nih.

Baca Juga : Ini Beberapa Ide Unik Honda Pada Mobil Jaman Dulu

Lengkapnya lagi, head unit-nya sudah 6,75 inci dan support Android Auto dan Apple CarPlay, koneksi WIFI, voice recognition, USB, Bluetooth, dan kamera mundur. Speakernya sama-sama 6 buah demi memanjakan penumpang.

Oh iya, sebagai tambahan terdapat wiper depan dengan sensor kecepatan yang berfungsi sebagai pengaturan kecepatan sapuan wiper sesuai kecepatan mobil, dan defogger untuk menghangatkan kaca belakang agar tidak berembun.

Avanza Malaysia punya 3 varian, yakni 1.5E, 1.5S, dan tertinggi 1.5S+. Harganya sendiri di konversi ke rupaih berkisar Rp 266 hingga 290 juta.