POPULAR STORIES

Fokus Lingkungan Lebih Bersih, F1 Stop Gunakan Botol Plastik

Fokus Lingkungan Lebih Bersih, F1 Stop Gunakan Botol Plastik

KabarOto.com - Tahun ini Formula 1 mengambil langkah positif untuk berkontribusi menciptakan lingkungan yang lebih bersih dengan cara mengurangi penggunaan jumlah sampah plastik. Pada 2020, F1 merencanakan untuk gerakan iklim netral mulai 2030. Demi mencapai hal itu, mereka ingin sepenuhnya berhenti menggunakan plastik sekali pakai pada 2025.

Musim 2021, mereka memulai kampanye dengan melarang semua staf menggunakan botol plastik sekali pakai. Bahkan tiket serta tanda masuk kini dibuat dari material daur ulang. diperkiraan sekitar 143.275 botol telah digunakan untuk membuat tiket masuk tahunan.

Baca juga: Formula 1 GP Azerbaijan Dipastikan Berlangsung Tanpa Penonton

Serta mulai dari tes perdana di Bahrain dan seluruh jadwal 2021, staf resmi tidak akan memakai plastik sekali pakai. Oleh karena itu, F1 telah mengatur agar tersedia lebih banyak tempat pengisian air di sekitaran sirkuit, paddock, kantor dan garasi tim, sehingga semua personel dapat mengisi ulang air dengan wadah yang mereka bawa sendiri agar lebih ramah lingkungan.

Begitu juga juru kamera ataupun staf yang pekerjaannya menuntut mobilitas tinggi, akan diberikan kantong minum punggung yang berisi cukup air guna memastikan mereka dapat pasokan sepanjang rangkaian balapan berlangsung.

Baca juga: Resmi, Formula 1 Isi Jadwal 2 Mei Dengan GP Portugal

Pembalap Sebastian Vettel menanggapi gerakan tersebut, “Menurut saya, kami menarik banyak orang datang melihat balapan, mendukung pembalap dan tim. (GP) F1 adalah acara yang besar dengan banyak orang di dalamnya. Artinya akan ada banyak sampah. Orang butuh minum, makan atau hal-hal lainnya dan biasanya itu disajikan dalam gelas, botol atau tempat plastik. Jadi kami harus mulai menghentikannya. Kami harus mencari alternatif, tanpa plastik,” ujar pembalap Aston Martin itu.